Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an di TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo.

AISAHTUR, RACHMAH (2020) Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an di TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AISAHTUR RACHMAH_T20161126.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aisahtur Rachmah, 2020: Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an di TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo. Kata Kunci: Metode Qur’ani Sidogiri, kemampuan baca tulis al-Qur’an. Untuk meningkatkan suatu kemampuan baca tulis al-Qur’an, diperlukan adanya dua faktor penting yang akan memudahkan tercapainya suatu target dan tujuan pembelajaran, dua faktor tersebut yaitu kualitas pengajar dan metode pembelajaran yang tepat. Dua faktor tersebut saling berkaitan, karena pengajar yang berkualitas dan metode pembelajaran yang tepat, besar kemungkinan akan menghasilkan hasil belajar yang sesuai seperti yang diharapkan. Selain dua faktor tersebut, tentu tidak lepas dari adanya peserta didik. Karena dalam dunia pendidikan, pengajar, metode pembelajaran dan peserta didik merupakan hal yang berkaitan. Seperti di TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo yang memiliki 285 Santri dan 10 Orang pengajar. Fokus penelitian pada skripsi ini ada dua, yaitu: 1) Bagaimana Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo? 2) Bagaimana Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam meningkatkan kemampuan menulis al-Qur’an di TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo? Tujuan penelitian pada skripsi ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo, 2) Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam meningkatkan kemampuan menulis al-Qur’an di TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo yaitu dengan menyusun target yang harus dicapai oleh santri. Adapun target yang harus dicapai oleh santri TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo dalam membaca al-Qur’an adalah, santri diharapakan mampu membaca al-Qur’an dengan tartil sesuai dengan makhorijul huruf dan kaidah tajwid. Pada Metode Qur’ani Sidogiri ini juga mempunyai beberapa tujuan yang hendak dicapai pada setiap jilidnya, yakni mulai dari jilid 1 sampai dengan jilid 5. Dan juga dengan melakukan beberapa evaluasi santri mulai dari evaluasi ketika proses kegiatan belajar mengajar yang menggunakan media buku prestasi santri, evaluasi kenaikan jilid sampai dengan evaluasi ujian tashih. 2) Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam meningkatkan kemampuan menulis al-Qur’an di TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo yaitu pada pelaksanaannya kegiatan menulis al-Qur’an ini hanya sebagai kegiatan tambahan yang diterapkan ketika proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, Pada kegiatan tambahan menulis al-Qur’an di TPQ Masjid Agung Raudlatul Jannah ini ustadz/ustadzah yang memimpin meminta santri untuk menulis kemudian hasil tulisan santri dinilai sebagai bentuk apresiasi, dengan melihat dari segi kemampuan santri menulis, ketepatan antara lafadz yang ada di jilid atau surat-surat pendek dengan hasil tulisan santri yang telah disalin di buku tulis santri, kemampuan santri menyambung huruf hijaiyah dalam menulis dan keindahan tulisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:58
Last Modified: 18 Mar 2022 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

View Item View Item