Implementasi model pembelajaran Probing Prompting dalam menghadirkan stimulus belajar siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X-L Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2023/2024

Ula, Yulita Mufidatul (2024) Implementasi model pembelajaran Probing Prompting dalam menghadirkan stimulus belajar siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X-L Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 008 - PAI - 2024)
Yulita Mufidatul Ula_201101010050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Stimulus Belajar, Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro terkait model pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran akidah akhlak di kelas X-L. Guru tersebut menggunakan model pembelajaran probing prompting dalam menghadirkan stimulus belajar yang tepat kepada siswa, sehingga siswa dapat belajar secara aktif.

Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran probing prompting dalam menghadirkan stimulus belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X-L Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro tahun pelajaran 2023/2024? 2) Apa saja kendala implementasi model pembelajaran probing prompting dalam menghadirkan stimulus belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X-L Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro tahun pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana solusi untuk menghadapi kendala implementasi model pembelajaran probing prompting dalam menghadirkan stimulus belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X-L Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro tahun pelajaran 2023/2024?

Tujuan pada penelitian ini untuk menjelaskan mengenai implementasi, kendala dan solusi model pembelajaran probing prompting dalam menghadirkan stimulus belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X-L Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro tahun pelajaran 2023/2024.

Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan dilakukan dengan menyusun perangkat pembelajaran. Pelaksanaan model pembelajaran probing prompting dengan tiga kegiatan yakni, pendahuluan, inti dan akhir. Penilaian pembelajaran meliputi: penilaian awal dan formatif. 2) Kendala dalam implementasi model pembelajaran probing prompting adalah karakteristik belajar siswa berbeda-beda, siswa kurang fokus dalam belajar, dan siswa kurang percaya diri. 3) Solusi untuk menghadapi kendala tersebut adalah analisis karakteristik belajar siswa, memberikan waktu istirahat, dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulita Mufidatul Ula
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:27
Last Modified: 02 Jul 2024 04:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32873

Actions (login required)

View Item View Item