PERAN SEKRETARIAT DPRD DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LEGISLASI TERHADAP PERDA YANG BAIK DI KABUPATEN JEMBER

Afandi, Ahmad (2024) PERAN SEKRETARIAT DPRD DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LEGISLASI TERHADAP PERDA YANG BAIK DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kh Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-024-HTN-2024)
AHMAD AFANDI_S20193097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Afandi, 2024: Peran Sekretariat DPRD Dalam Meningkatkan Kualitas Legislasi Terhadap Perda Yang Baik Di Kabupaten Jember

Kata Kunci: Sekretariat DPRD, Kualitas Legislasi, dan Koordinasi DPRD

Penelitian ini berfokus pada "Peran Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dalam Meningkatkan Kualitas Legislasi Terhadap Peraturan Daerah (Perda) Yang optimal Di Kabupaten Jember". Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memegang peranan kunci dalam proses legislasi daerah, termasuk pembentukan Perda yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Dalam menjalankan fungsi legislasi, DPRD didukung oleh Sekretariat DPRD, yang bertugas menyediakan dukungan teknis dan administratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan koordinasi antara DPRD dengan Sekretariat DPRD dan bagaimana peran Sekretariat DPRD dalam meningkatkan kualitas legislasi terhadap pembentukan Perda di Kabupaten Jember.
Adapun fokus penelitian yang akan dibahas adalah: 1) Bagaimana hubungan koordinasi antara DPRD dengan Sekretariat DPRD dalam proses pembentukan peraturan daerah? 2) Bagaimana peran Sekretariat DPRD dalam meningkatkan kualitas legislasi DPRD terhadap pembentukan peraturan daerah Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana hubungan koordinasi antara DPRD dengan Sekretariat DPRD dalam proses pembentukan peraturan daerah. 2) Untuk menganalisis peran Sekretariat DPRD dalam meningkatkan kualitas legislasi DPRD terhadap pembentukan Perda Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris, pendekatan penelitian ini yakni pendekatan Perundang-Undangan dan Konseptual, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa hubungan kerja yang harmonis dan mekanisme koordinasi yang kuat antara DPRD dan Sekretariat DPRD merupakan faktor vital dalam menciptakan Perda yang berkualitas, responsif terhadap kebutuhan masyarakat, dan mematuhi prinsip-prinsip hukum yang berlaku. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM Sekretariat DPRD, serta memperkuat sistem informasi dan komunikasi dalam mendukung fungsi legislasi DPRD. Rekomendasi ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan efektivitas pembentukan Perda di Kabupaten Jember, sekaligus menawarkan wawasan untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang legislasi daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ahmad Afandi UIN JEMBER
Date Deposited: 31 May 2024 06:38
Last Modified: 17 Jul 2024 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32876

Actions (login required)

View Item View Item