Peran Syarifuddin Media sebagai Media Dakwah dalam menghalau Konten Dakwah Radikal

Chaliq Putra, Ari Asisaka (2024) Peran Syarifuddin Media sebagai Media Dakwah dalam menghalau Konten Dakwah Radikal. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-007-KPI-2024)
Ari Asisaka Chaliq Putra _ D20191099 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Ari Asisaka Chaliq Putra, 2024 : Peran Syarifuddin media sebagai media dakwah dalam mengahalau konten dakwah radikal
Kata Kunci : Media digital, Radikalisme, Pondok Pesantren
Teknologi dan dakwah adalah suatu yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini jika berpijak pada konsep dakwah kontemporer yang mudah diterima oleh kalangan masa kini. Teknologi bukan sesuatu yang dilarang, meskipun dimasa Rasulullah belum ditemukan adanya teknologi yang berkembang pesat dewasa ini. Perkembangan dakwah perlu memperhatikan perkembangan teknologi, agar sesuatu yang dihadirkan mudah diterima, dan tidak ketinggalan zaman. Media digital merupakan Teknologi dan dakwah adalah suatu yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini jika berpijak pada konsep dakwah kontemporer yang mudah diterima oleh kalangan masa kini. Teknologi bukan sesuatu yang dilarang, meskipun dimasa Rasulullah belum ditemukan adanya teknologi yang berkembang pesat dewasa ini. Perkembangan dakwah perlu memperhatikan perkembangan teknologi, agar sesuatu yang dihadirkan mudah diterima, dan tidak ketinggalan zaman.
Dalam penelitian ini menggunakan teori Difusi Inovasi. Teori Difusi Inovasi terdiri dari dua padanan kata yaitu difusi dan inovasi. Menurut Everett Rogers mendefinisikan difusi inovasi adalah suatu proses penyebar serapan ide-ide atau hal-hal yang baru dalam upaya untuk merubah suatu masyarakat yang terjadi secara terus menerus dari suatu tempat ke tempat yang lain, dari suatu kurun waktu ke kurun waktu yang berikut, dari suatu bidang tertentu ke bidang yang lainnya kepada sekelompok anggota dari sistem sosial. Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis islam yang ada di Indonesia, yang di dalamnya mengajarkan berbagai macam pelajaran keagamaan mengenai islam dan sebagai salah satu lembaga yang berperan banyak dalam pendidikan moral dan akhlak yang mulia bagi para santri didalamnya.
Pondok Pesantren Kiai Syarifuddin dengan mengoptimalkan media digital di era 5.0 yang disebut dengan era teknologi merupakan bagian kehidupan bagi manusia. Dengan berinovasi dalam melakukan dakwah untuk menjawab berbagai tantangan zaman, Syarifuddin media mengembangkan konten dakwah yang berisikan konten dakwah moderat dengan dimana untuk menghalau konten yang berisi dakwah radikal yang banyak tersebar dimedia digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ari Asisaka Chaliq Putra
Date Deposited: 31 May 2024 08:03
Last Modified: 13 Aug 2024 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32879

Actions (login required)

View Item View Item