beilia, Yuliana (2024) STRATEGI PEMASARAN JAWA POS RADAR JEMBER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA DIGITAL. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-008-KPI-2024)
YULIANA BEILIA_D20191060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Yuliana Beilia, 2023: Strategi Pemasaran Jawa Pos Radar Jember Dalam
Mempertahankan Eksistensinya di Era Digital
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Era Digital, Jawa Pos Radar Jember
Kemunculan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet dan
perangkat pintar, kita memasuki zaman di mana segala sesuatu terhubung secara
digital. Era digital membawa tantangan baru seiring dengan peluang besar.
Seperti Jawa Pos Radar Jember dalam menghadapi era digital perusahaan ini
menerapkan strategi pemasaran yang inovatif untuk mempertahankan
eksistensinya.
Adapun fokus penelitian ini (1) Apa kendala yang dihadapi Jawa Pos
Radar Jember dalam mempertahankan eksistensinya. (2) Bagaimana strategi
pemasaran Jawa Pos Radar Jember dalam mempertahankan eksistensinya di era
digital. Penelitian ini juga bertujuan: (1) Untuk mengetahui dan menjelaskan
kendala yang dihadapi Jawa Pos Radar Jember dalam mempertahankan
eksistensinya. (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan strategi pemasaran Jawa
Pos Radar Jember dalam mempertahankan eksistensinya di era digital. Penelitian
ini diharapkan memberikan manfaat baik dan sumbangsih pemikiran terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan, adapun manfaat dalam penelitian ini berupa (1)
Manfaat teoritis. (2) Manfaat Praktis.
Skripsi ini, penelitian kualitatif yang menggunakan penelitian lapangan
(field Research). Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk mendapatkan
pemahaman tentang peristiwa yang dialami oleh subjek penelitian melalui
pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data antara
lain observasi dan wawancara dengan Perusahaan Jawa Pos Radar Jember.
Selanjutnya dilakukan teknis analisis data dan penarikan kesimpulan, yaitu
membuat pernyataan bulat mengenai suatu permasalahan yang diteliti dalam
bahasa deskriptif dan interaktif.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis, hasil penelitian
sebagai berikut: (1) Kendala strategi pemasaran Jawa Pos Radar Jember dalam
mempertahankan eksistensinya di era digital terdapat pada distribusi media cetak
dan alat-alat pada media digital yang sudah dipenuhi namun belum secanggih
media digital broadcasting seperti pertelevisian. (2) Strategi pemasaran Jawa Pos
radar Jember saling bekerja sama atau bersinergi antara media cetak, media online
dan media sosial dalam hal promosi. Jawa Pos Radar Jember juga melakukan
promosi dengan mengadakan even sebagai kegiatan pendukung pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | yuliana beilia |
Date Deposited: | 31 May 2024 07:31 |
Last Modified: | 31 May 2024 07:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32881 |
Actions (login required)
View Item |