Implementasi metode pembelajaran variatif dalam meningkatkan pemahaman Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Ilmu Faraid di Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah Nurul Qarnain Baletbaru Tahun Pelajaran 2023/2024

Khoirunnisa, Arida (2024) Implementasi metode pembelajaran variatif dalam meningkatkan pemahaman Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Ilmu Faraid di Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah Nurul Qarnain Baletbaru Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 012 - PAI - 2024)
ARIDA KHOIRUNNISA_204101010016..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Arida Khoirunnisa, 2024: Implementasi Metode Pembelajaran Variatif Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Ilmu Faraid Di Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah Nurul Qarnain Baletbaru Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Implementasi Metode Variatif, Meningkatkan Pemahaman Siswa, Ilmu Faraid.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya penerapan metode bandongan pada pembelajaran ilmu faraid yang menggunakan kitab I’natul Thalib Fi’ Bidayati Ilmi Faraid karangan dari Sayyid Ahmad bin Yusuf bin Muhammad Al- Ahdal dirasa masih kurang dalam meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini tampak pada siswa yang kurang aktif dan kurang memahami materi yang telah diajarkan. Selain itu metode bandongan tidak dapat membantu meningkatkan daya ingat siswa pada materi yang telah dipelajari sebelumnya, oleh sebab itu pada fenomena ini guru dari ilmu faraid memiliki inisiatif tersendiri dalam mengembangkan ide yakni memvariasikan metode bandongan dengan metode lainnya agar pembelajaran menjadi efektif.
Fokus penelitian yang diteliti yakni: (1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran variatif dalam penggabungan metode bandongan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XII pada mata pelajaran ilmu Faraid di madrasah Diniyah Muadalah Aliyah Nurul Qarnain Baletbaru tahun pelajaran 2023/2024?. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembelajaran variatif dalam penggabungan metode bandongan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XII pada mata pelajaran ilmu Faraid di Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah Nurul Qarnain Baletbaru Tahun Pelajaran 2023/2024?.
Tujuan penelitian ini yakni: (1) Mendeskripsikan bagaimana implementasi metode pembelajaran variatif dalam penggabungan metode bandongan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XII pada mata pelajaran ilmu Faraid di Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah Nurul Qarnain Baletbaru Tahun Pelajaran 2023/2024 ?. (2) Meneskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembelajaran variatif dalam penggabungan metode bandongan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XII pada mata pelajaran ilmu Faraid di Madrasah Diniyah Muadalah Aliyah Nurul Qarnain Baletbaru Tahun Pelajaran 2023/2024?.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan deskriptif. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pada proses pembelajaran guru melakukan persiapan seperti mempersiapkan bahan ajar, rencana tiap semester, dan sarana prasarana. Pada pelaksanaan pembelajaran berlangsung guru menerapkan metode bandongan saat mengajar pelajaran ilmu Faraid bersama siswa dengan secara bergiliran setiap tatap muka untuk memaknai kitab selain itu guru juga memvariasikannya dengan metode hafalan untuk menguatkan pemahaman materi, di akhir pembelajaran dilakukan dengan menerapkan metode tanya jawab dan diskusi kelompok untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. (2) faktor pendukung pada implementasi metode bandongan pada pelajaran ilmu Faraid ini adanya ketersediaan kitab penunjang yaitu kitab I’natut Tholib Fi Bidayati Ilmil Faraid dan adanya kurikulum khusus yang diberlakukan oleh pesantren. Sedangkan faktor yang menjadi penghambatnya adalah alokasi waktu pembelajaran yang sedikit menyebabkan pembelajaran kurang maksimal dan kurangnya alat bantu pembelajaran siswa saat menghitung dan memahami makna kosa kata bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200212 Screen and Media Culture
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ARIDA KHOIRUNNISA
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:20
Last Modified: 02 Jul 2024 04:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32883

Actions (login required)

View Item View Item