Pengembangan Media PURARA (Puzzle Aksara Madura) Pada Mata Pelajaran Bahasa Madura Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Cangkring Prajekan Bondowoso

Ilahiah, Riqa (2024) Pengembangan Media PURARA (Puzzle Aksara Madura) Pada Mata Pelajaran Bahasa Madura Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Cangkring Prajekan Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text (SK - 006 - PGMI - 2024)
RIQA ILAHIAH SKRIPSI LENGKAP (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Riqa Ilahiah, 2024: Pengembangan Media PURARA (Puzzle Aksara Madura)
Pada Mata Pelajaran Bahasa Madura Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Hidayah Cangkring Prajekan Bondowoso.
Kata Kunci: Pengembangan Media PURARA, Mata Pelajaran Bahasa Madura
Media pembelajaran adalah suatu bahan yang digunakan sebagai bahan
belajar yang memiliki tujuan untuk merangsang minat, perhatian, perasaan, dan
pikiran siswa dalam proses kegiatan belajar, agar tercapainya suatu tujuan
pembelajaran yang dilakukan. Salah satunya merupakan media puzzle aksara
madura. Media puzzle aksara madura adalah media pembelajaran yang digunakan
untuk membantu peserta didik untuk belajar menghafalkan dan membedakan
aksara madura,sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif yang ada
kaitannya dengan belajar dan kemampuan untuk memecahkan sebuah masalah.
Selain itu media ini juga bisa mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik,
daya ingat serta konsentrasi dalam melatih kesabaran.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode
penelitian pengembangan yang berorientasi pada produk dalam bidang
pendidikan. Penelitian yang dilaksanakan termasuk dalam jenis penelitian dan
pengembangan atau Education Research and Development (R&D).
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa hasil
validitas dari para ahli data menunjukkan rata-rata keseluruhan 92,3%. Hasil
presentase yang diperoleh tersebut media puzzle aksara madura yang
dikembangkan dinyatakan valid. Sedangkan uji respons siswa yang telah
dilakukan di mi nurul hidayah kelas iv menentukan hasil kemenarikan produk
yang telah dikembangkan menunjukkan tingkat kemenarikan yang memperoleh
hasil presentase sebesar 88,28% dengan jumlah responden 20 peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pengembang Riqa ilahiah
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:08
Last Modified: 03 Jun 2024 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32884

Actions (login required)

View Item View Item