Manajemen Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Mencetak Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang

Sholeha, Mar‟atus (2024) Manajemen Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Mencetak Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAR;ATUS SHOLEHAH1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sholeha, Mar‟atus, 2024. Manajemen Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Mencetak Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil alamin di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Agama Islam Negeri Kiai Ahmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Prof. Dr. Hj. Titiek Rohanah Hidayati, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Khotibul Umam, MA.
Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Merdeka Belajar, Profil Pelajar Pancasila.
Kurikulum merdeka memiliki dua karakteristik yaitu Projek penguatan profil pelajar Pancasila dan Pembelajaran Berbasis Projek. Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan aktifitas pembelajaran yang dapat berupa kajian, penelitian, diskusi, bakti sosial, metode penguatan fisik, dan mental atau pembelajaran berbasis Projek untuk menginternalisasi karakter profil pelajar Pancasila.
Fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana Perencanaan Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam mencetak Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam mencetak Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang? 3) Bagaimana Evaluasi Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam mencetak Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang?
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Perencanaan Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam mencetak Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam mencetak Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Evaluasi Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam mencetak Profil Pelajar Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian bertempat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi, analisis data menggunakan teknik Miles, Huberman, dan Saldana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan : a) Membentuk Tim Pengembang Madrasah dan tim Fasilitator Projek P5. b) Menyusun Struktur Kurikulum Merdeka dan Modul P5. 2) Pelaksanaan : a) Melaksanakan tema gaya hidup berkelanjutan dengan kegiatan daur ulang sampah menjadi batako. b) Melaksanakan tema Bhineka Tunggal Ika dengan Kegiatan Pagelaran Karya Tari Daerah dan Peragaan Busana adat. c) Melaksanakan tema Suara Demokrasi dengan Kegiatan Pemilihan Ketua Osim. 3) Evaluasi : a) Memastikan alur kegiatan b) Pemetaan Asesmen dari Modul Projek c) Pembuatan Rubrik Capaian d) Proses Asesmen pada Saat Kegiatan e) Membuat Rapot P5.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190301 Journalism Studies
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190302 Professional Writing
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190303 Technical Writing
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190399 Journalism and Professional Writing not elsewhere classified
Depositing User: mis MAR‟ATUS SHOLEHA
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:30
Last Modified: 03 Jun 2024 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32887

Actions (login required)

View Item View Item