Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Smart APPS Creator padamata pelajaran IPAS Kelas IV Materi Gaya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Tanggul Jember

Halimah, Nur (2024) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Smart APPS Creator padamata pelajaran IPAS Kelas IV Materi Gaya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Tanggul Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text (SK - 021 - PGMI - 2024)
NUR HALIMAH_202101040020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Salah satu hal yang harus dapat di kuasai dan dipahami oleh guru agar proses belajar mengajar berjalan efektif dan tidak terasa membosankan yaitu dengan cara membuat media pembelajaran. Seperti halnya yang terjadi pada kelas IV di Madrasah Ibtida’yah Negeri (MIN) 06 Tanggul Jember, yang selama ini pada proses pembelajarannya guru kurang dalam pemanfaatan media pembelajaran yang membuat pembelajaran di kelas menjadi pasif. Oleh karena itu, multimedia interaktif dapat dijadikan sebagai media yang dapat menarik antusiasme, semangat dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Smart Apps Creator pada mata Pelajaran IPAS kelas IV materi gaya di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 06 Tanggul Jember, (2) Bagaimana kepraktisan pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Smart Apps Creator pada mata Pelajaran IPAS kelas IV materi gaya di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 06 Tanggul Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Smart Apps Creator pada mata pelajaran IPAS kelas IV materi gaya di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 06 Tanggul Jember, (2) Untuk mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Smart Apps Creator pada mata pelajaran IPAS kelas IV materi gaya di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 06 Tanggul Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analys, design, development, implementation, evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 06 Tanggul Jember. Produk multimedia interaktif berbasis aplikasi Smart Apps Creator ini divalidasi oleh 3 validator, yaitu validator media, validator materi, dan validator pembelajaran.
Hasil dari penelitian ini adalah 1). Hasil kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif ini yang telah di uji oleh 3 validator memperoleh nilai rata-rata 92,8% yang masuk dalam kategori sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran. 2). Hasil uji kepraktisan yang berasal dari angket praktikalitas yang di berikan kepada guru kelas memperoleh nilai 88,8%. Sedangkan analisis respon peserta didik memperoleh nilai 92,5% dengan kategori sangat menarik untuk dijadikan media pembelajaran untuk membantu guru dalam proses pembelajaran.
kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Smart Apps Creator

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Halimah
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:03
Last Modified: 02 Jul 2024 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32892

Actions (login required)

View Item View Item