Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur’an hadits kelas VII C di MTsN 5 Jember tahun pelajaran 2023/2024

Yulianika, Yulianika (0021) Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur’an hadits kelas VII C di MTsN 5 Jember tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK - 020 - PAI - 2024)
SKRIPSI YULIANIKA 204101010089-WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: Al-Qur‟an Hadist, peningkatan pemahaman siswa, multimedia
interaktif
Al-Qur‟an Hadits merupakan unsur mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam supaya peserta didik dapat memahami Al-Qur‟an dan Hadits sebagai
sumber-sumber ajaran agama Islam dan mengamalkan isi kandungannya
sebagai petunjuk dan landasan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi pada saat
kegiatan pembelajaran Al-Qur'an Hadist banyak siswa yang tidak
memperhatikan materi yang dijelaskan, ada siswa yang asik mengobrol
sendiri dengan temannya, sehimgga ada peserta didik yang tidur. Sehingga
hal tersebut mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa ketika mengikuti
kegiatan pembelajaran Al-Qur'an Hadist dan ketika pembelajaran hanya
pendidik hanya menggunakan metode ceramah. Hal ini dikuatkan dengan
hasil tes pemahaman yang dilakukan dalam penelitian ini pada tahap pra-
siklus bahwasanya nilai rata-rata nilai tes siswa yaitu 42%, siswa
menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist
terbilang rendah. Pemahaman siswa merupakan hal yang sangat penting
ketika siswa selesai mengikuti pembelajaran, karena dengan siswa memahami
materi yang sudah diberikan siswa akan bisa menjelaskan dan menyimpulkan
kembali materi yang sudah dijelaskan.
Dari uraian tersebut diperoleh suatu permasalahan yaitu: Apakah
penggunaan Multimedia Interaktif meningkatkan pemahaman siswa terhadap
mata pelajaran Al-Qur‟an Hadist kelas VII C di MTsN 5 Jember?
Dari permasalahan tersebut dapat dirumuskan sebuah cara pemecahan
masalah yakni menggunakan multimedia interaktif dalam mata pelajaran Al-
Qur'an Hadist.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman
siswa kelas VII C pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist melalui penggunaan
multimedia interaktif di MTsN 5 tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan pendekatan mixed methods. Subjek dari penelitian ini adalah
siswa kelas VII C yang berjumlah 27 siswa.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil keseluruhan siswa kelas VII
yang mengerjakan tes pada tahap pra siklus mendapat hasil nilai rata-rata
42% siswa yang memahami pelajaran Al-Qur'an Hadist, dan pada tahap
siklus I diperoleh nilai rata-rata 63% siswa yang memahami pelajaran Al-
Qur'an Hadist, dan pada siklus yang ke II diperoleh nilai 83% siswa yang
memahami pelajaran Al-Qur'an Hadist. Nilai tersebut mengalami peningkatan
dan mencapai kategori baik dari interval yang sudah ditentukan oleh peneliti.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan multimedia
interaktif pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist dapat meningkatkan
pemahaman siswa kelas VII C di MTsN 5 Jember tahun pelajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulianika Yulianika Yulianika
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:48
Last Modified: 03 Jun 2024 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32904

Actions (login required)

View Item View Item