Strategi Kepala Madrasah Dalam Menciptakan Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Jember

Fawaid, Ahmad (2024) Strategi Kepala Madrasah Dalam Menciptakan Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-027-MPI-2024)
Ahmad Fawaid _T20193029 watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ahmad Fawaid, 2024: Strategi Kepala Madrasah Dalam Menciptakan Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Ibtidaiyah Nuris Jember.

Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Budaya Madrasah.

Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Strategi Kepala Madrasah Dalam Menciptakan Budaya Madrasah Yang Kondusif di MI Unggulan Nuris Jember”. Dari hasil observasi awal peneliti MI Unggulan Nuris Jember bisa dikatakan madrasah yang budaya belajarnya cukup kondusif meskipun masih ada kekurangan tetapi kepala madrasah bisa menanggulanginya dengan mengeluarkan beberapa strategi dimana dapat tercipta lingkungan belajar yang aman, nyaman dan tertib sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif terbukti dengan unggulnya prestasi siswa baik di akademik maupun non akademik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1)Bagaimana perencanaan strategi kepala madrasah dalam menciptakan budaya madrasah yang kondusif di MI Nuris Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam menciptakan budaya madrasah yang kondusif di MI Nuris Jember?, 3) Bagaimana evaluasi strategi kepala madrasah dalam menciptakan budaya madrasah yang kondusif di MI Nuris Jember?, dengan tujuan penelitian 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi perencanaan kepala madrasah dalam menciptakan budaya madrasah yang kondusif di MI Nuris jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi pelaksanaa kepala madrasah dalam menciptakan budaya madrasah yang kondusif di MI Nuris Jember.3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi strategi kepala madrasah dalam menciptakan budaya madrasah yang kondusif di MI Nuris Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling diantaranya Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil dari penelitian strategi kepala madrasah dalam menciptakan budaya madrasah yang kondusif di MI Nuris Jember yaitu: pertama, melakukan perencanaan program, tujuan dan strategi yang matang dan pencapaian yang jelas. Kedua, melakukan perubahan mindset kepada seluruh stakeholder. Ketiga, memberi contoh teladan yang baik. Keempat, menanamkan nilai-nilai karakter. Kelima, menciptakan daya dukung yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: mister Ahmad Fawaid
Date Deposited: 03 Jun 2024 06:11
Last Modified: 04 Jul 2024 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32906

Actions (login required)

View Item View Item