Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Gending Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024

Kosim, Nanang (2024) Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Gending Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-011-IPS-2024)
NANANG KOSIM_T20199066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) merupakan sebuah kegiatan yang direncanakan dengan tujuan untuk memperkuat karakter Profil Pelajar Pancasilapada Pelajar Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar yang terjadi saat ini. Projek ini dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat melakukan penyelidikan dan menyelesaikan masalah secara langsung berdasarkan rangkaian kegiatan dalam pembelajaran ini. Salah satu karakteristik dalam kegiatan pembelajaran P5 ini ialah peserta didik dituntut untuk menghasilkan produk berdasarkan waktu yang telah ditentukan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Gending Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024 ? 2) Bagaimana pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasiladi SMP Negeri 2 Gending Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024 ? 3) Bagaimana evaluasi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasiladi SMP Negeri 2 Gending Probolinggo Tahun Pelajaran 2023/2024 ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Gending Tahun 2023/2024. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasilal di SMP Negeri 2 Gending Tahun 2023/2024. 3) Mendeskripsikan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Gending Tahun 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang didapatkan dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dan Saldana yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu Kondensasi data, Penyajian data serta Penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa : 1) Pada tahap perencanaan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu, menyusun Modul dan merancang strategi pelaporan hasil Projek. 2) Pada tahap pelaksanaan terdapat beberapa hal untuk dilakukan, yaitu pengenalan, kontekstualisasi dan aksi. 3) sedangkan pada tahap evaluasi masih terdapat kesulitan baik yang di alami oleh guru maupun siswa. Kesulitan yang di hadapi oleh guru ialah kurang nya pengamat yang tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada. selain itu guru pendamping juga mengalami kesulitan dalam mayakini siswa terkait penting nya Projek yang di lakukan karena faktor minat siswa. Sedangka pada siswa sendiri cenderung bosan jika produk yang di hasilkan hanya produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Nanang Kosim Kosim
Date Deposited: 03 Jun 2024 06:05
Last Modified: 03 Jul 2024 03:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32909

Actions (login required)

View Item View Item