Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Video Animasi pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV di SDN Sempusari 2

Yunita, Amelia (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Video Animasi pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV di SDN Sempusari 2. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 040 - PGMI - 2024)
Amelia Yunita _204101040008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Amelia Yunita, 2024: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Video Animasi pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV di SDN
Sempusari 2.
Kata Kunci: Pengembangan Media Interaktif, Video Animasi, Pelajaran IPAS
Di Sekolah Dasar Negeri Sempusari 2 sudah pernah menerapkan video
pembelajaran namun hanya dengan memanfaatkan video pembelajaran yang ada
di Youtube saja dan belum berbentuk video animasi interakif hanya terdapat
penjelasan materi-materi bersifat sederhana dan kurang menarik bagi peserta didik,
pembelajaran sangat bersifat klasikal dan kurang merangsang keaktifan peserta
didik. selain video pembelajaran sederhana di Sekolah Dasar Sempusari 2 lebih
memanfaatkan gambar-gambar yang terdapat dibuku untuk memperjelas materi
secara sederhana.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana proses
mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis video animasi pada mata
pelajaran IPAS siswa kelas IV di SDN Sempusari 2? 2. Bagaimana Kelayakan
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis video animasi pada mata
pelajaran IPAS siswa kelas IV di SDN Sempusari 2?
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Mendeksripsikan
dan mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis
video animasi pada mata pelajaran IPASuntuk siswa kelas IV di SDN Sempusari
2) Mendeksripsikan dan mengetahui kelayakan pengembangan media
pembelajaran interaktif berbasis video animasi pada mata pelajaran IPAS siswa
kelas IV di SDN Sempusari 2.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering
dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model penelitian
ADDIE atau sering disebut dengan analysis, design, development, implementation
dan evaluation yang dicetus oleh Dick and Carry (1996). Model ADDIE yang
efektif lebih berfokus pada pelaksanaan tugas otentik,pengetahuan yang bersifat
kompleks, dan permasalahan asli.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Produk yang dikembangkan yaitu media
pembelajaran interaktif berbasis video animasi yang berisikan materi berkaitan
dengan Indonesiaku Kaya Budaya yang memuat gambar-gambar menarik,
berisikan lagu Nasional, Penjelasan yang rinci dan juga peta Indonesia yang
menambah kemenarikan dari media video animas, 2) Secara keseluruhan analisis
dari para ahli media pembelajaran interaktif berbasis video animasi ini
menunjukkan presentase sebesar 93% dengan kategori sangat layak untuk
diterapkan dalam pembelajaran, dan 3) data uji coba produk dengan melakukan
respon pada peserta didik menunjukkan presentase rata-rata sebesar 97%,
sehingga dapat dinyatakan produk media video animasi dinyatakan layak untuk
digunakan dan tidak perlu direvisi ulang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pengembang Amelia Amel
Date Deposited: 03 Jun 2024 06:44
Last Modified: 03 Jul 2024 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32912

Actions (login required)

View Item View Item