Hubungan Impulsive Buying dengan Self-Control terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah Angkatan 2020 Universitas islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Maharani, Taradiva (2024) Hubungan Impulsive Buying dengan Self-Control terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah Angkatan 2020 Universitas islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Taradiva Maharani_204103050044.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Taradiva Maharani, 2024: Hubungan Impulsive Buying dengan Self-Control
terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah Angkatan 2020
Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Kata Kunci: Self- Control, Impulsive Buying, Perilaku Konsumtif.
Munculnya beragam platform digital, berpengaruh terhadap daya beli
masyarakat. Tentunya aktivitas ini tidak terlepas dari digitalisasi yang semakin
canggih, dan mendukung tercipta beragam platform atau aplikasi e-commerce
yang semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas jual-beli.
kegiatan berbelanja memang sebuah hal yang umum dan lumrah dilakukan oleh
masyarakat, khususnya bagi mahasiswa semua tidak terlepas dari kegiatan
berbelanja, dalam beberapa kasus yang ditemui, seringkali mahasiswa melakukan
kegiatan berbelanja dengan tidak memperhatikan skala prioritas kebutuhan
individu. mahasiswa cenderung melakukan pembelian secara impulsive dan
konsumtif. sehingga, setiap melihat tawaran-tawaran iklan dan promo voucher di
aplikasi e-commerce atau online shop, cenderung mudah tergiur dan melakukan
keputusan pembelian sesaat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui 1) Apakah
terdapat hubungan antara impulsive buying terhadap perilaku konsumtif
mahasiswa Fakultas Dakwah angkatan 2020? 2) Apakah terdapat hubungan antara
self-control terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Dakwah angkatan
2020? 3) Apakah terdapat hubungan impulsive buying dengan self-control
terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Dakwah angkatan 2020?.
Tujuan penelitian penelitian skripsi ini adalah 1) mengidentifikasi apakah
terdapat hubungan antara impulsive buying dengan self – control mahasiswa
Fakultas Dakwah angkatan 2020. 2)mengidentifikasi apakah terdapat hubungan
antara self – control dengan perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Dakwah
2020. 3)menganalisis apakah terdapat hubungan impulsive buying dengan self –
control terhadap perilaku konsumtif mahasiswa fakultas dakwah angkatan 2020.
Metode penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian menggunakan deskriptif survey. dengan pengambilan
teknik sampel purposive sampling. sampel yang digunakan sebanyak 186 orang
mahasiswa dari Fakultas Dakwah angkatan 2020. metode pengumpulan data
penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner, analisis data dengan
melakukan uji korelasi dan regresi linier berganda.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa hasil temuan peneliti,
diperoleh hasil nilai signifikansi dari pengaruh simultan (X1 dan X2) terhadap Y
adalah 0,000, yang lebih rendah dari 0,05, dan nilai F hitungnya adalah 93,493,
yang melebihi nilai F tabel (3,05). karena itu, hipotesis H3 diterima, yang
mengindikasikan adanya pengaruh simultan (X1 dan X2) terhadap Variabel Y
serta, uji korelasi berganda signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan interpretasi
Derajat Hubungan Koefisien Korelasi kategori kuat karena memiliki nilai 0,71.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Depositing User: Ms Taradiva Maharani
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:19
Last Modified: 04 Jun 2024 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32916

Actions (login required)

View Item View Item