Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hafalan dalil materi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama As-Syafi'i Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023

Mubarok, Rizki (2024) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hafalan dalil materi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama As-Syafi'i Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 026 - PAI - 2024)
Rizki Mubarok T20181463 revisi baru.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Rizki Mubarok, 2024 : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hafalan Dalil Materi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama As-Syafi’i Rambipuji Tahun Pelajaran 2022-2023. Pembimbing : Dr. Mukaffan, M.Pd. I

Kata Kunci : Upaya Guru, Hafalan Dalil

Dalam agama islam, menghafalkan dan memahami isi dari ayat Al-Qur’an dan hadits adalah suatu hal yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Karena dua hal tersebut adalah pedoman yang utama bagi manusia. Salah satu cara untuk menjaga kelestarian Al-qur’an bisa dilakukan dengan membaca dan menghafalkannya. Seperti yang dilakukan oleh guru PAI SMP As-Syafi’I Rambipuji yaitu dengan berupaya untuk meningkatkan hafalan dalil materi PAI baik Al-Qur’an ataupun Hadits.

Fokus penelitian ini : 1). Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan hafalan ayat Al-Qur’an pada materi PAI siswa kelas VII SMP As-Syafi’i Rambipuji? 2). Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan hafalan Hadits pada materi PAI siswa kelas VII SMP As-Syafi’i Rambipuji?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari 3 tahap yaitu: Kondensasi Data, Penyajian Data, Penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan: Triangulasi Teknik dan Triangulasi Sumber.

Hasil penelitian ini yaitu : 1). Upaya guru PAI dalam meningkatkan hafalan ayat Al-Qur’an pada materi PAI siswa kelas VII SMP As-Syafi’i Rambipuji ada dua. Pertama, dengan memberikan ayat terkait materi yang dipelajari. Kemudian yang kedua yakni guru meneriman setoran hafalan ayat setelah siswa menulis di buku masing-masing dan menghafalkannya. Siswa dikatakan hafal apabila lancar dan benar hafalannya baik segi lafal ataupun tajwidnya. 2). upaya guru PAI dalam meningkatkan hafalan hadits pada materi PAI siswa kelas VII SMP As-Syafi’i Rambipuji ada dua. Pertama, guru memberikan hadits pendek tentang materi yang dipelajari serta berkaitan dengan kegiatan sehari-hari siswa. Kedua guru menerima setoran hafalan hadits setelah siswa menulis dan menghafalkan hadits tadi. Siswa dikatakan hafal apabila lancar dalam setoran hadits dan arti maknanya. Siswa yang tidak lancar hafalannya dan yang tidak menghafal, tidak dipekenankan untuk pergi (pulang) dari lingkungan sekolah atau dengan kata lain siswa harus hafal di hari itu juga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Rizki Mubarok
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:24
Last Modified: 02 Jul 2024 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32925

Actions (login required)

View Item View Item