Pengaruh Pembiasaan Menulis Al-Qur'an Dan Motivasi Belajar Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Smesta 789 Yayasan Islam Fajar Shodiq Mojokerto

Media Asni Furoida, Media (2024) Pengaruh Pembiasaan Menulis Al-Qur'an Dan Motivasi Belajar Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Smesta 789 Yayasan Islam Fajar Shodiq Mojokerto. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Media Asni Furoida_203206030032.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pada saat ini, perkembangan teknologi semakin canggih yang berdampak pada kondisi yang sangat memprihatinkan terutama pada aspek moral dan keagamaan. Bagi mayoritas umat islam menulis Al-Qur’an menjadi sesuatu yang sangat sulit. Pembiasaan menulis ini menggunakan metode follow the line dimaksudkan untuk melatih individu menulis ayat-ayat Al-Qur’an dengan mengikuti garis yang sudah disediakan. Pembiasaan ini diterapkan juga diiringi dengan adanya dorongan dari diri sendiri, guru, orang tua dan juga lingkungan sekitar. Ketika semua pihak dapat mendorong setiap siswa untuk melakukan pembiasaan menulis Al-Qur’an ini, maka dapat membentuk karakter disiplin siswa.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh pembiasaan Menulis Al-Qur’an terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Smesta 789 Mojokerto? 2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Smesta 789 Mojokerto? 3) Adakah pengaruh pembiasaan menulis Al-Qur’an dan motivasi belajar terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Smesta 789 Mojokerto?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh pembiasaan Menulis Al-Qur’an terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Smesta 789 Mojokerto. 2) Untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Smesta 789 Mojokerto. 3) Untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh pembiasaan menulis Al-Qur’an dan motivasi belajar terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Smesta 789 Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Smesta 789 Mojokerto yang berjumlah 76 siswa. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan variable bebasnya adalah pembiasaan menulis Al-Qur’an dan motivasi belajar, sedangkan variable terikatnya adalah pembentukan karakter disiplin.
Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan analisis linier berganda yaitu nilai konstanta (nilai a) sebesar 27,064, nilai variabel Pembiasaan Menulis Al-Qur’an (nilai b1) sebesar 0,417, nilai motivasi belajar (nilai b2) sebesar 0,261 dan secara simultan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pembiasaan menulis Al-Qur’an dan motivasi belajar terhadap pembentukan karakter disiplin siswa dengan Fhitung 21,963 > Ftabel 3,12 dan signifikansi 0,000 < dari ketetapan 0,05 dengan pengaruh sebesar 35,9% sesuai dari hasil uji Adjusted R square.

Kata kunci: pembiasaan menulis Al-Qur’an, motivasi belajar, pembentukan karakter disiplin

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Media Asni Furoida uinkhasjember
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:26
Last Modified: 05 Jun 2024 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32929

Actions (login required)

View Item View Item