EKSPLORASI PEMBELAJARAN IPA PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VII DI SLB NEGERI BRANJANGAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rosi Felicia, Adinda (2024) EKSPLORASI PEMBELAJARAN IPA PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VII DI SLB NEGERI BRANJANGAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Acmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-018-IPA-2024)
ADINDA ROSI FELICIA 202101100035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting untuk meningkatkan sumber daya
manusia yang unggul untuk memberi persiapan dalam menghadapi perkembangan
zaman yang semakin meningkat tajam. Dalam undang-undang No. 20 tahun 2002
Pasal 5 ayat 1 menyatakan setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk
memperoleh pendidikan bermutu. Pasal tersebut mengatakan bahwa siapapun
dengan segala kondisi berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk
mengenyam pendidikan baik formal maupun nonformal tak terkecuali anak
tunagrahita.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana
perencanaan pembelajaran IPA pada anak tunagrahita kelas VII di SLB Negeri
Branjangan? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA pada anak tunagrahita
kelas VII di SLB Negeri Baranjangan? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran IPA
pada anak tunagrahita kelas VII di SLB Negeri Branjangan?
Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan
subjek penelitian siswa tunagrahita di SLB Negeri Branjangan yang sesuai dengan
kriteria penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data Miles, Huberman.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperiksa keabsahannya menggunakan
triangulasi sumber dan teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini bahwa perencanaan pembelajaran
berdasarkan RPP K-13. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPA siswa tunagrahita
harus dibimbing satu persatu, karena perbedaan antar individu pada anak
tunagrahita sangat beragam. Sehingga dapat dikatakan bahwa pelayanan
individual merupakan ciri atau jiwa dari pendidikan mereka. Bagi siswa
tunagrahita ringan dan sedang evaluasi pembelajaran tidak saja dilakukan pada
saat kegiatan belajar mengajar berakhir, namun juga dilaksanakan selama proses
belajar mengajar berlangsung. Pada evaluasi pembelajaran siswa tunagrahita
terdapat tanya jawab, latihan soal, UTS dan UAS. Pada tunagrahita berat evaluasi
pembelajaran dilihat dari cara siswa merespon dan menanggapi perkataan guru.
Kata kunci: Pembelajaran IPA, Tunagrahita, SLB

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Adinda Rosi Felicia
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:16
Last Modified: 04 Jul 2024 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32932

Actions (login required)

View Item View Item