Respon Mahasiswa KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam) UIN KHAS Jember Terhadap Konten Dakwah Habib Husien Ja'far Al Hadar Di TikTok

Fissabilillah, Mutiara (2024) Respon Mahasiswa KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam) UIN KHAS Jember Terhadap Konten Dakwah Habib Husien Ja'far Al Hadar Di TikTok. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-044-KPI-2024)
Mutiara Fissabilillah_D20191035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Respon, Konten, Dakwah, Aplikasi TikTok.
Perkembangan zaman dakwah bisa disaksikan melalui media sosial dengan berbagai bentuk. Salah satunya dikemas menjadi konten dakwah yang disiarkan melalui platform TikTok, diantaranya konten dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar. Konten dakwah ini mampu menarik hati anak muda untuk bisa menerima dakwah Islam dan memberikan pengalaman baru bagi pengguna TikTok. Konten dakwah yang ada di TikTok ini memberikan dampak positif bagi audiensnya.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Apa alasan mahasiswa prodi komunikasi dan penyiaran Islam menonton konten dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar di TikTok?, 2) Bagaimana cara mahasiswa memaknai konten dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar di TikTok?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti mendeskripsikan mengenai respon mahasiswa terhadap konten dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar di TikTok.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Alasan mahasiswa komunikasi dan penyiaran Islam menonton konten dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar di TikTok yaitu adanya kesibukan dan keterbatasan waktu, kemudahan dalam mengakses, konten yang menarik dan kreatif, relatability (keterkaitan) dan memberikan inspirasi dan motivasi. 2) cara mahasiswa komunikasi dan penyiaran Islam memaknai konten dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar di TikTok yaitu konten dakwah dijadikan sebagai peningkatan pemahaman agama, menjadi peningkatan kualitas beribadah, serta meningkatkan akidah dan akhlak dalam diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Mutiara Fissabilillah
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:56
Last Modified: 07 Jun 2024 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32935

Actions (login required)

View Item View Item