Perlindungan Konsumen Oleh Jasa Laundry Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates

Hafed, Abdul (2024) Perlindungan Konsumen Oleh Jasa Laundry Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Abdul Hafed 30 April 2024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abdul Hafed, Mohammad Mirza Pratama, 2024 : Perlindungan Konsumen Oleh Jasa Laundry Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates

Kata Kunci : Jasa Laundry, Perlindungan Konsumen, Etika Bisnis Islam
Jasa laundry adalah jasa yang membantu seseorang untuk mencucikan pakaiannya dengan mesin cuci ataupun mesin pengering dan cairan pembersih noda serta pewangi khusus. Jasa laundry ini sangat cocok untuk orang-orang yang tinggal di perkotaan, seperti mahasiswa atau pekerja yang tinggal di rumah kost atau kontrakan, yang memiliki kesibukan sehingga tidak memiliki waktu luang untuk mencuci pakaian
Fokus penelitian yang diteliti adalah : 1) Bagaimana cara pemenuhan hak konsumen oleh jasa laundry di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates? 2) Bagaimana cara bertanggung jawab oleh jasa laundry di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates? 3) Bagaimana cara pemenuhan hak dan cara bertanggung jawab oleh jasa laundry dalam perspektif etika bisnis Islam Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui cara pemenuhan hak konsumen oleh jasa laundry di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates? 2) Untuk mengetahui cara bertanggung jawab oleh jasa laundry di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates? 3) Untuk mengetahui cara pemenuhan hak dan cara bertanggung jawab oleh jasa laundry dalam perspektif etika bisnis Islam Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian kualitatif mengumpulkan informasi deskriptif. Analisis data bersifat induktif dan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan field research (kerja lapangan) Penelitian ini menggunakan pengecekan data yang dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Cara pemenuhan hak konsumen yakni mengutamakan kualitas pelayana, mendapatkan informasi yang jelas. dan mendapatkan ganti rugi sesuai dengan peraturan-peraturan dalam laundry. 2) Cara bertanggung jawab jasa laundry yakni apabila ada kesalahan yang murni dari pihak jasa laundry maka akan bertanggung jawab, Namun apabila kesalahan dari pihak konsumen dan tidak sesuai dengan peraturan yang sudah dibuat oleh setiap jasa laundry, maka jasa laundry tidak akan bertanggung jawab. 3) Cara pemenuhan hak dan tanggung jawab perspektif etika bisnis Islam, pihak jasa laundry sudah memenuhi hak setiap konsumen dengan berlaku jujur dan memberikan informasi mengenai aturan-aturan dalam jasa laundry. Pihak jasa laundry juga bertanggung jawab sesuai peraturan yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa jasa laundry telah menerapkan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abdul Hafed
Date Deposited: 04 Jun 2024 06:11
Last Modified: 04 Jun 2024 06:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32938

Actions (login required)

View Item View Item