Implementasi Kurikulum Pesantren Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Santri Di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember

Lailatul, Qomariah (2024) Implementasi Kurikulum Pesantren Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Santri Di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TESIS LAILATUL QOMARIAH FULL.pdf

Download (41MB)

Abstract

ABSTRAK
Lailatul Qomariah, 2024, “Tesis Dengan Judul Implementasi Kurikulum
Pesantren Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Santri di
Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember” Pembimbing I :
Dr. H. Mustajab, S.Ag, M.Pd.I pembimbing II : Dr. Khotibul Umam, M.A.
Kata Kunci: Kurikulum Pesantren, Asas Sosiologi, Budaya Religius
Kurikulum pesantren merupakan kurikulum penyiapan manusia sesuai
dengan syariat Allah Swt dan aturan-aturannya bagi alam dan kehidupan.
Kurikulum khusus pesantren dialokasikan dalam kurikulum lokal, dan kiai dapat
memutuskan apakah akan menerapkannya atau tidak. Dengan demikian salah satu
upaya mewujdkan hal tersebut mengenai kurikulum yang berpusat kepada
masyarakat yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sehingga
proses dan implementasinya dengan melakukan interaksi, kegiatan, dan kerjasama
serta membaurkan diri secara langsung dengan masyarakat.
Fokus kajian dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Perencanaan
Kurikulum Pesantren Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya
Religius Santri Di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember?
2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikulum Pesantren Dengan Asas Sosiologi Dalam
Membangun Budaya Religius Santri Di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily
Bangsalsari Jember? 3) Bagaimana Evaluasi Kurikulum Pesantren Dengan Asas
Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Santri Di Pondok Pesantren Ahlul
Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menganalisis Perencanaan Kurikulum
Pesantren Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Santri Di
Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember, 2) Menganalisis
Pelaksanaan Kurikulum Pesantren Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun
Budaya Religius Santri Di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari
Jember, 3) Menganalisis Evaluasi Kurikulum Pesantren Dengan Asas Sosiologi
Dalam Membangun Budaya Religius Santri Di Pondok Pesantren Ahlul Irfan AlKholily Bangsalsari Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian
deskriptif, Penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan Purposive
sampling, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi, teknik analisis data menggunakan interactive of analysis Miles dan
Huberman, uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1). Perencanaan kurikulum pesantren dengan
asas sosiologi yaitu dengan menyusun program tahunan, agenda semesteran, serta
kegiatan pembiasaan. 2). Pelaksanaan kurikulum pesantren dengan asas sosiologi
yaitu: (a) Program tahunan: Lomba Muharrom, Maulid Nabi Muhammad SAW
dan Pulangan santri, Syafawi, Pesantren Romadhon, Program khidmah
Tarbawiyah (b) agenda semesteran: kegiatan belajar mengajar (c) kegiatan
pembiasaan: membaca aqidatul awwam, menulis al-qur‟an, membaca do‟a
sebelum dan sesudah KBM, serta melakukan sidak kerapian oleh pengurus 3).
Evaluasi kurikulum pesantren dengan asas sosiologi yaitu (a) Program tahunan:
saling mempererat silaturahmi antar santri, Membangun budaya religious santri,
Untuk mengetahui kuatnya hafalan santri selama 1 tahun, memperkuat ilmu santri
dengan praktik, melihat interaksi santri dengan murid madrasah dan masyarakat
(b) agenda semesteran: ujian tulis dan lisan (c) kegiatan pembiasaan: pengurus
kurang konsisten mendampingi dalam pelaksanaan kegiatan pembiasaaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Pesantren, Asas Sosiologi, Budaya Religius
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi LAILATUL QOMARIAH HOLIL
Date Deposited: 05 Jun 2024 06:38
Last Modified: 05 Jun 2024 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32941

Actions (login required)

View Item View Item