Analisis Tingkat Kemiskinan Mustahik Zakat Produktif Di Kabupaten Probolinggo : CIBEST Approach

Akbar, Yusril Firmansyah (2024) Analisis Tingkat Kemiskinan Mustahik Zakat Produktif Di Kabupaten Probolinggo : CIBEST Approach. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESISYUSRIL-WATERMARK.pdf

Download (8MB)

Abstract

Yusril Firmansyah Akbar, 2024. Analisis Tingkat Kemiskinan Mustahik Zakat Produktif Di Kabupaten Probolinggo : CIBEST Approach. Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hari Sukarno, M.M., CRA., CSF Pembimbing II: Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I.

Kata Kunci: Kemiskinan, Mustahik, Zakat Produktif, CIBEST.

Zakat produktif merupakan salah satu cara dalam mengentaskan
kemiskinan sekalipun dalam penerapannya sering terjadi masalah di lapangan seperti lemahnya faktor produksi, pemasaran, dan penjualan usaha mustahik. Selain itu kurangnya pengawasan atau pendampingan serta tidak adanya alat ukur program kepada mustahik juga berdampak pada berhasil atau tidaknya program zakat produktif tersebut. Adanya model CIBEST penting untuk dilakukan dikarenakan dapat menilai dan mengukur sejauh mana tingkat kemiskinan atau kesejahteraan mustahik baik dari segi materiil maupun spiritual. Selain itu, belum adanya penilaian dan pengukuran tingkat kemiskinan atau kesejahteraan mustahik zakat produktif selama ini di Kabupaten Probolinggo menjadikan alasan melakukan penelitian ini.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa indeks kemiskinan materiil, indeks kemiskinan spiritual, indeks kemiskinan absolut, dan indeks kesejahteraan di Kabupaten Probolinggo berdasarkan model CIBEST.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan mendeskripsikan indeks kemiskinan materiil, indeks kemiskinan spiritual, indeks kemiskinan absolut, dan
indeks kesejahteraan di Kabupaten Probolinggo berdasarkan model CIBEST.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 17 rumah tangga (mustahik). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Sedangkan instrumen pengumpulan
datanya menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah CIBEST (Center of Islamic Business and Economics Studies).

Hasil penelitian menunjukkan pertama, nilai indeks kemiskinan materiil di Kabupaten Probolinggo berdasarkan model CIBEST adalah 0,77. Artinya, banyak rumah tangga atau mustahik yang miskin secara materiil di Kabupaten Probolinggo. Kedua, nilai indeks kemiskinan spiritual di Kabupaten Probolinggo berdasarkan model CIBEST adalah 0. Artinya, tidak ada rumah tangga atau mustahik yang miskin secara spiritual di Kabupaten Probolinggo. Ketiga, nilai
indeks kemiskinan absolut di Kabupaten Probolinggo berdasarkan model CIBEST adalah 0. Artinya, tidak ada rumah tangga atau mustahik yang miskin secara materiil dan spritual di Kabupaten Probolinggo. Keempat, nilai indeks
kesejahteraan di Kabupaten Probolinggo berdasarkan model CIBEST adalah 0,23. Artinya, masih sedikit rumah tangga atau mustahik yang sejahtera (kaya secara materiil dan spiritual) di Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: S. E Yusril Firmansyah Akbar
Date Deposited: 05 Jun 2024 06:11
Last Modified: 05 Jun 2024 06:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32944

Actions (login required)

View Item View Item