Peran Komite Madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah AT-TAQWA Bondowoso

FIRDA AYU, ROSSALINA (2020) Peran Komite Madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah AT-TAQWA Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
FIRDA AYU ROSSALINA_T20153003.pdf

Download (15MB)

Abstract

Firda Ayu Rossalina, 2020: Peran Komite Madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah AT-TAQWA Bondowoso Pendidikan dianggap sebagai suatu investasi yang paling berharga dalam bentuk peningkatan kualitas sumber daya insani untuk pembangunan suatu bangsa. Sering kali kebesaran suatu bangsa diukur sampai sejauh mana masyarakatnya mengenyam pendidikan. Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki oleh suatu masyrakat maka semakin majulah bangsa tersebut. Kualitas pendidikan tidak saja dilihat dari kemegahan fasilitas yang dimiliki tetapi sejauh mana output atau lulusan suau pendidikan dapat membangun sebagai manusia yang paripurna. Jika tdak melalui proses bermutu pula. Merupakan suatu mustahil pula terjadi proses yang bermutu pula. Merupakan sesuatu yang mustahil pula jika tidak didukung oleh faktor-faktor penunjang proses bermutu pula. Berpijak dari latar belakang tersebut maka yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peran komite madrasah sebagai advisory agency dalam peningkatan mutu pendidikan di MTS AT-TAQWA Bondowoso? (2) bagaimana peran komite madrasah sebagai supporting agency dalam peningkatan mutu pendidikan di MTS AT-TAQWA Bondowoso? (3) bagaimana peran komite madrasah sebagai controlling agency dalam peningkatan mutu pendidikan di MTS AT-TAQWA Bondowoso? (4) bagaimana peran komite madrasah sebagai mediating agency dalam peningkatan mutu pendidikan di MTS AT-TAQWA Bondowoso? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pemilihan subyek ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkahnya meliputi: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwasannya peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTS ATTAQWA Bondowoso, dengan peran komite sebagai (1) Advisory Agency, bahwa komite madrasah memberikan banyak pertimbangan kepada madrasah. Sebagai (2)Supporting Agency,dalam penyelenggaraan pendidikan Komite Madrasah sebagai badan badan pendukung perencanaan hingga pelaksanaan program madrasah.(3)Controlling Agency, bahwa komite madrasah disini mengevaluasi dan mengawasi kebijakan-kebijakan madrasah, serta sebagai(4) Mediating Agency komite madrasah sebagai badan penghubung madrasah dengan pemerintah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:02
Last Modified: 21 Mar 2022 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3295

Actions (login required)

View Item View Item