Penerapan metode eksperimen dalam mengembangkan kemampuan Sains pada anak usia 5-6 tahun Kelompok B Di Raudhatul Athfal Al Hidayah Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Alhidayah, Maulana Muhammad Abdullah Nurul Yakin (2024) Penerapan metode eksperimen dalam mengembangkan kemampuan Sains pada anak usia 5-6 tahun Kelompok B Di Raudhatul Athfal Al Hidayah Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-016-PIAUD-2024)
SKRIPSI MAULANA WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Maulana Muhammad A.N.Y.A, 2024: Penerapan Metode Eksperimen dalam Mengembangkan Kemampuan Sains Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B di RA Al Hidayah Sumbersari Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kata kunci: Metode Eksperimen, Kemampuan Sains, RA Al Hidayah
Sumbersari Jember

Metode eksperimen merupakan salah satu metode yang digunakan oleh guru di RA Al Hidayah mengingat kemampuan sains pada anak usia 5-6 tahun kelompok B senantiasa perlu dikembangkan secara terus menerus, maka dalam hal ini penerapan metode eksperimen sangat diperlukan untuk mengembangkan kemampuan sains anak.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode eksperimen mencampur warna dalam mengembangkan kemampuan sains pada anak usia 5-6 tahun kelompok B di RA Al Hidayah Sumbersari kabupaten Jember tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana penerapan metode eksperimen gunung meletus dalam mengembangkan kemampuan sains pada anak usia 5-6 tahun kelompok B di RA Al Hidayah Sumbersari kabupaten Jember tahun Pelajaran 2023/2024?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan penerapan metode eksperimen mencampur warna dalam mengembangkan kemampuan sains pada anak usia 5-6 tahun kelompok B di RA Al Hidayah Sumbersari kabupaten Jember tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan penerapan metode eksperimen gunung meletus dalam mengembangkan kemampuan sains pada anak usia 5-6 tahun kelompok B di RA Al Hidayah Sumbersari kabupaten Jember tahun Pelajaran 2023/2024.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dan lokasi penelitian ini di RA Al Hidayah Sumbersari Jember. Tehnik Pengumpulan data menggunakan: observasi participan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penerapan metode eksperimen mencampur warna dalam mengembangkan kemampuan sains anak pada kelompok B RA Al Hidayah Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah memilih tema, menyiapkan media, mengkondisikan anak didik, memberikan contoh eksperimen mencampur warna, melaksanakan evaluasi pembelajaran. 2) Penerapan metode eksperimen gunug meletus dalam mengembangkan kemampuan sains anak pada kelompok B RA Al Hidayah Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah melalui menentukan tema kegiatan, menentukan media pembelajaran, mengkondisikan anak untuk duduk melingkar. memberikan contoh eksperimen gunung meletus ditengah tengah anak yang duduk melingkar, melakukan evaluasi pembelajaran metode eksperimen gunung meletus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MAULANA MUHAMMAD ABDULLAH NURUL YAKIN ALHIDAYAH
Date Deposited: 05 Jun 2024 06:06
Last Modified: 09 Jul 2024 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32951

Actions (login required)

View Item View Item