Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Berbasis Kurikulum Merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember

Khusnuniyati, Ummi (2024) Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an Hadis Berbasis Kurikulum Merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-074-PAI-2024)
Ummi Khusnuniyati_202101010087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Ummi Khusnuniyati, 2024: Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Berbasis Kurikulum Merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember.
Kata kunci: Pembelajaran Al-Qur’an Hadis, Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan yang memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru dalam merancang kurikulum sesuai dengan kebutuhan, kondisi, serta potensi lokal mereka. Hal ini bertujuan meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan siswa dan memungkinkan terjadinya inovasi serta penyesuaian yang lebih baik dalam proses pembelajaran. Kondisi ini diharapkan dapat memberikan kepuasan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis yang lebih tinggi dan siswa dapat memiliki kemampuan dalam berbagai aspek termasuk
aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Implementasi pembelajaran Al-Qur’an Hadis masih dalam tahap penyesuaian dari kurikulum sebelumnya. Sehingga pada
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran ini masih belum maksimal sesuai yang diharapkan pada kurikulum merdeka sehingga masih perlu adanya inovasi dalam menciptakan pembelajaran yang merdeka.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al�Qur’an Hadis berbasis kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember? (3)Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis kurikulum merdeka di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 7 Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada tahap pengumpulan data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan
data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu (1) Pada perencanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis kurikulum merdeka guru Al�Qur’an Hadis mengidentifikasi ketersediaan Rencana Pekan Efektif(RPE),menganalisis Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan mengembangkan Modul Ajar. (2) Pelaksanaan
pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis kurikulum merdeka di MTsN 7 Jember yaitu dilakukan assesmen diagnostik awal dengan tes Baca Tulis Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an Hadis menggunakan metode problem based learning. Selain itu, pelaksanaan P5P2RA sebagai projek kurikulum merdeka dilaksanakan selama 2 Minggu dengan alokasi waktu 30% JP pertahun. (3) Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis kurikulum merdeka di MTsN 7 Jember dilakukan menggunakan 3 ranah, yaitu ranah kognitif (penilaian formatif dan sumatif), ranah afektif (observasi dan penilaian diri), dan ranah psikomotorik (praktik, membaca, menulis, mendemonstrasikan) sebagai bentuk aksi nyata pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Ummi Khusnuniyati
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:00
Last Modified: 08 Jul 2024 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32956

Actions (login required)

View Item View Item