PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA PASURUAN

Afifah, Dewi (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI INSAN CENDEKIA PASURUAN. Masters thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text (TS-031-PAI-2024)
Tanpa judul-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Menggunakan ICT dalam pembelajaran dapat mempermudah pendidik
dalam menyampaikan materi pelajaran. Mempelajari SKI bagi umat muslim
merupakan suatu keharusan karena banyak manfaat yang bisa diterapkan dalam
kehidupan seperti contohnya meneladani sifat nabi Muhammad SAW. Mengingat
pentingnya mempelajari SKI bagi umat muslim, ICT dapat dijadikan sebagai
media pembelajaran SKI yang menarik bagi peserta didik.
Adapun fokus penelitian yaitu bagaimana penggunaan media
pembelajaran berbasis information communication and technology sebagai
komunikasi, sebagai eksplorasi, dan sebagai alat aplikasi pada mata pelajaran
sejarah kebudayaan Islam dalam mengembangkan hasil belajar siswa di Madrasah
Aliyah Negeri Insan Cendekia Pasuruan tahun pelajaran 2023/2024?
Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis studi kasus, lokasi penelitian di MAN IC Pasuruan, teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan model interaktif Milles Huberman dan Saldana, dan
keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan credibility dengan jenis
triangulasi dan pengecekan sejawat.
Hasil penelitian ini yakni (1) Media pembelajaran berbasis ICT sebagai
alat komunikasi yang mana dalam hal ini berupa smart board dapat membantu
pendidik dalam memperjelas materi pelajaran yang sulit dijelaskan melalui
ucapan saja. (2). Media pembelajaran berbasis ICT sebagai alat eksplorasi yang
mana dalam hal ini peserta didik berselancar di internet baik di blog maupun
website google scholar untuk mencari referensi. Dengan memanfaatkan internet
sebagai tempat eksplorasi, peserta didik dapat memperoleh tambahan ilmu
sehingga peserta didik mampu memperoleh hasil belajar kognitif yang
memuaskan, hasil belajar kognitif tersebut terlihat dari nilai rapot. (3). Media
pembelajaran berbasis ICT sebagai alat aplikasi yang mana dalam hal ini peserta
didik memanfaatkan media berbasis ICT berupa aplikasi canva, aplikasi canva
tersebut dapat membantu peserta didik dalam mengerjakan tugas produk berupa
PPT atau infografis secara berkelompok kemudian mempresentasikan dan
terdapat sesi tanya jawab setelahnya. Peserta didik mampu membuat produk dan
mampu mempresentasikan ini menjadi hasil belajar ranah psikomotorik,
sedangkan peserta didik memiliki sikap antusias dan aktif bertanya maupun
menjawab pertanyaan baik itu dari pendidik ataupun peserta didik ini menjadi
hasil belajar ranah afektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms Dewi Afifah
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:00
Last Modified: 02 Sep 2024 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32958

Actions (login required)

View Item View Item