Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Geogebra terhadap Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Siswa

Nesty, Rachmawati (2020) Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Geogebra terhadap Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Siswa. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Nesty Rachmawati_T20167004.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nesty Rachmawati, 2020: Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Geogebra terhadap Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Siswa pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Media Interaktif Geogebra, Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita, SPLDV Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa yang merasa kesulitan dalam mengerjakan soal cerita. Oleh karena itu dibutuhkan guru yang kreatif dan terampil dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas, salah satunya dengan menggunakan media interaktif Geogebra, karena media ini dapat memvisualisasikan konsep matematika yang abstrak menjadi lebih konkrit secara dinamik dengan memanfaatkan berbagi tool yang tersedia. Media Geogebra ini mudah digunakan untuk menyelesaikan masalah aritmatika, aljabar, statistika, geometri maupun kalkulus. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan penyelesaian soal cerita siswa yang menggunakan media interkatif Geogebra dan yang tidak menggunakan media interkatif Geogebra pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2019/2020. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif Geogebra terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi eksperimental design. Adapun bentuknya adalah Nonequivalent group posttest only design. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan memilih dua kelas yang memliki nilai rata-rata UTS sama pada kelas VIII sehingga diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumntasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-tes. Uji Prsayarat yang digunakan adalah uji normalitas. Hasil penelitian menunjukka bahwa: 1) Rata-rata nilai kemampuan penyelesaian soal cerita siswa kelas eksperimen sebesar 80,62 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kemampuan penyelesaian soal cerita siswa kelas kontrol sebesar 70,14. 2) Berdasarkan analisis data menggunakan uji t dengan taraf kepercayaan 5% diperoleh nilai = 2,729 = 2,052 (sig. 0,009) artinya H0 ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penyelesaian soal cerita siswa yang menggunakan media interkatif Geogebra dengan siswa yang tidak menggunakan media interaktif Geogebra. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media interaktif Geogebra terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita siswa pada materi SPLDV kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:05
Last Modified: 21 Mar 2022 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item