Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X IPA di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Faridah, Bahiyatun Nisa (2020) Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X IPA di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Faridah Bahiyatun Nisa_T20167012.pdf

Download (6MB)

Abstract

Faridah Bahiyatun Nisa, 2020: Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X IPA di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kecerdasan logis matematis merupakan kemampuan berhitung dan bernalar dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Kecerdasan logis matematis sangat berkaitan dengan kemampuan siswa, terutama dalam hal mengkomunikasikan penyelesaian matematika. Komunikasi matematika merupakan suatu wadah siswa untuk memperoleh informasi dan menuangkan konsep-konsep matematika. Seseorang yang memiliki kecerdasan logis matematis yang tinggi akan berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetatahui tingkat kecerdasan logis matematis siswa kelas X IPA di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X IPA di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel di SMAN Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan Cluster Random Sampling dan analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Hasil siswa berdasarkan tingkat kecerdasan logis matematis siswa kelas X IPA SMAN Jenggawah Jember yaitu kategori rendah (42-51) sebesar 15,63% sebanyak 10 siswa, kategori sedang (52- 61) sebesar 53,12% sebanyak 34 siswa dan kategori tinggi (62-72) sebesar 31,25% sebanyak 20 siswa. 2) Hasil siswa yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X IPA SMAN Jenggawah Jember yaitu kategori rendah (0-18) sebesar 3,12%, sebanyak 2 siswa, kategori sedang (19-37) sebesar 50,57% sebanyak 33 siswa dan kategori tinggi (38-56) sebesar 45,31% sebanyak 29 siswa. 3) Berdasarkan hasil pengujian regresi linear sederhana dapat disimpulkan bahwasanya hasil pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis dapat dilihat dari perhitungan analisis regresi linear sederhana dengan melihat hasil thitung= 11,074 > ttabel= 1,997 dengan p= 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis diterima dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:51
Last Modified: 22 Mar 2022 04:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3297

Actions (login required)

View Item View Item