Pengembangan media Papan Pecahan Pintar berbasis demontrasi Pada pembelajaran Matematika Di Kelas IIIb SDS Islam Ulul Albab

Ubaidillah, Sofwan Roif (2024) Pengembangan media Papan Pecahan Pintar berbasis demontrasi Pada pembelajaran Matematika Di Kelas IIIb SDS Islam Ulul Albab. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 036 - PGMI - 2024)
Skripsi Sofwan Roif U 202101040052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Sofwan Roif Ubaidillah, 2024: Pengembangan Media Papan Pecahan Pintar Berbasis Demontrasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IIIb SDS Islam Ulul Albab

Kata Kunci: pengembangan papan pecahan pintar, Demontrasi, pembelajran matematika

Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar memiliki peran yang sangat penting untuk membuat peserta didik tertarik dalam pembelajaran matematika. Oleh sebab itu dalam penelitian ini peneliti berinisiatif untuk mengambangkan media papan pecahan pintar untuk menunjang pembelejaran matematika kelas IIIb di SDS Islam Ulul Albab Jember
Rumusan masalah dalam penelitain ini yaitu: 1) Bagaimana Proses Pengembangan Media Papan Pecahan pintar Berbasis Demontrasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IIIb SDS Islam Ulul Albab.?. 2) Bagaimana Kelayakan Pengembangan Media Papan Pecahan pintar Berbasis Demontrasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas SDS Islam Ulul Albab.?. 3) Bagaimana Respon Peserta Didik Terhadap Pengembangan Media Papan Pecahan Pintar Berbasis Demontrasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IIIb SDS Islam Ulul Albab
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan Proses Pengembangan Media Papan Pecahan pintar Berbasis Demontrasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IIIb Sds Islam Ulul Albab.?. 2) Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan Kelayakan Pengembangan Media Papan Pecahan pintar Berbasis Demontrasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IIIb SDS Islam Ulul Albab.?. 3) Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan Respon Peserta Didik Terhadap Pengembangan Media Papan Pecahan Pintar Berbasis Demontrasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IIIb SDS Islam Ulul Albab
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga R & D. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model penelitian ADDIE, analysis, design, development, implementation dan evaluation . pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan menggunakan angket
Hasil dari penelitian ini yaitu: proses pengembangann papan pecahan pintar yang dikembangkan oleh peneleiti dapat di design menggunakan aplikasi canva dan di cetak bentuk benner dengan ukuran 75 x 55cm dan di lengkapi dengan kartu pecahan. Adapun kelayakan media papan pecahan pintar yang di kembangkan oleh peneliti dapat di katakana layak di gunakan, data ini dapat di buktikan dengan hasil angket ahli media 4.90 dengan katagori sangat layak, dan ahli materi 4,90 di katogori sangat layak dan hasil dari angket guru matematika 4,50 nilai ini dapat di katagori sangat layak. Lalu, untuk respon peserta didik peneliti memberikan angket kepada 25 siswa dengan hasil respon peserta didik 4.98 nilai ini dapat di nyatakan produk media papan pecahan pintar mendapatkan respon yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sofwan Roif Ubaidillah
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:26
Last Modified: 03 Jul 2024 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32974

Actions (login required)

View Item View Item