Pengembangan Media Pembelajaran Monokram (Monopoli Matematika Terintegrasi Islam) Pada Materi Bilangan

Oktaviya, Ulfa and Wahyuni, Indah (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Monokram (Monopoli Matematika Terintegrasi Islam) Pada Materi Bilangan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-014-TMTK-2024)
Ulfa Oktaviya (201101070011).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Learning and understanding mathematical concepts must be done with an engaging and innovative approach. This research aims to develop a creative learning media as an Islamic-integrated mathematical monopoly game to instill character education with Islamic and mathematical concepts. The research and development utilize the ADDIE model: analyze, design, develop, Implement, and Evaluate. To test the product, the researcher involves students from class VII H MTsN 2 Jember. Data collection involves interviews, questionnaires, and tests analyzed for validity, practicality, and effectiveness. The Islamic-Integrated Mathematics Monopoly Learning Media (Monokram) has been validated by experts with an average percentage above 94%, categorized as highly valid. Practicality is affirmed by student questionnaires with an average percentage above 80%, indicating practicality. Pretest and posttest results using N-Gain show an average above 0.3, categorizing the effectiveness of Monokram as moderate/effective. Based on these results, it is hoped that this research and development will motivate the growth of Islamic-integrated mathematics learning media, enhancing students' understanding of mathematical and Islamic concepts.

Keywords: Learning Media; Monokram; Islamic Integrated; Numerical Concepts

Proses pembelajaran dan pemahaman konsep matematika perlu dilakukan dengan pendekatan yang menarik dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa permainan monopoli matematika terintegrasi Islam, sebagai salah satu cara untuk menamkan pendidikan karakter dengan konsep-konsep Islam dan matematika. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analyze, Desain, Develop, Implementation, dan Evaluation. Kemudian untuk melakukan uji coba produk, peneliti menggunakan siswa-siswi kelas VII H MTsN 2 Jember sebagai subjek penelitian. Selain itu, proses pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan wawancara, angket dan tes yang kemudian diolah melalui analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Media pembelajaran Monopoli Matematika Terintegrasi Islam (Monokram) telah tervalidasi oleh para ahli sebesar rata-rata persentase di atas 94% dengan kategori sangat valid. Sedangkan kepraktisan media didasarkan pada hasil angket siswa yang menunjukkan rata-rata persentase di atas 80% dengan kategori valid yang artinya media pembelajaran monokram berada pada kategori praktis. Dan hasil pretest dan postest melaui uji N-Gain diperoleh rata-rata di atas 0,3 yang artinya efektivitas media pembelajaran monokram berada pada kategori sedang/efektif. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan penelitian dan pengembangan ini dapat memotivasi berkembangnya media pembelajaran matematika terintegrasi Islam sehingga siswa-siswi semakin mengenal tentang konsep-konsep matematika dan Islam.

Keyword : Pembelajaran Media, Monokram, Integari Islam, Materi Bilangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010502 Integrable Systems (Classical and Quantum)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Ulfa Oktaviya
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:42
Last Modified: 05 Jul 2024 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32995

Actions (login required)

View Item View Item