STRATEGI DAKWAH MELALUI MUSIK RELIGI (Studi atas Gerakan Dakwah Majelis Ta'lim dan Sholawat Syubbanul Muslimin Probolinggo)

Kholidi, Iqbal (2024) STRATEGI DAKWAH MELALUI MUSIK RELIGI (Studi atas Gerakan Dakwah Majelis Ta'lim dan Sholawat Syubbanul Muslimin Probolinggo). Masters thesis, UIN KH Achmad Sidddiq Jember.

[img] Text
IQBAL KHOLIDI_223206080013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Populernya majelis shalawat di Kabupaten Probolinggo membuat aktivitas keagamaan semakin semarak. Keberadaan majelis ta’lim saat ini menjadi tren di masyarakat yang perlahan menggandrungi shalawat sebagai wujud kecintaan hamba terhadap penciptanya yang kemudian diekspresikan dengan lantunan syair shalawat. Salah satunya majelis Syubbanul Muslimin sebagai kelompok shalawat yang masih eksis. Perlu diketahui, kemunculan majelis shalawat dengan berbagai macam strategi dakwahnya menjadi perhatian dan tantangan tersendiri untuk Syubbanul Muslimin. Namun sampai saat ini majelis tersebut yang paling banyak mempunyai popularitas dan minat jama’ah untuk menghadirinya sekalipun ada banyak majelis sholawat yang telah lama terbentuk.

Berdasarkan petunjuk diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Bagaimana strategi dakwah Majelis Syubbanul Muslimin melalui musik religi di Kabupaten Probolinggo?. 2) Bagaimana strategi Majelis Syubbanul Muslimin dalam bertahan sebagai salah satu majelis sholawat di antara sekian banyaknya mejelis sholawat di Kabupaten Probolinggo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah Majelis Syubbanul Muslimin melalui musik religi dan strategi bertahan di tengah semaraknya kelompok-kelompok majelis shalawat yang ada di Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan tehnik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya keabsahan data mengunakan triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi dakwah Syubbanul Muslimin melalui musik religi sebagai berikut: a) menggunakan tiga metode dakwah yaitu mengenalkan, melembutkan hati atau membuat betah dan mendoktrin. b) Mendesain tata ruang, panggung dan ceremonial pelaksanaan. c) Mengadaptasikan lagu viral menjadi sholawat bahasa Indonesia dan daerah. (2) Strategi yang dilancarakan Syubbanul Muslimin untuk bertahan sebagai berikut: a) mempublikasikan penampilan acara Syubbanul Muslimin pada seluruh media sosial. b) membentuk dan mengunakan peran Syubban Lovers Nusantara.

Kata Kunci : Strategi Dakwah, Musik Religi, Syubbanul Muslimin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190199 Art Theory and Criticism not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200211 Postcolonial Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Studi Islam
Depositing User: Iqbal Kholidi
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:54
Last Modified: 10 Jun 2024 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32996

Actions (login required)

View Item View Item