STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DARUL HIKMAH SUMBERSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITI HUSNIYAH, 084 114 025 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DARUL HIKMAH SUMBERSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
SITI HUSNIYAH, 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMP Darul Hikmah Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Pendidikan mempunyai peran penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa dan juga menjadi tolak ukur kemajuan yang menjadi cermin kepribadian masyarakat. Secara fisik pendidikan adalah
ujung tombak pembangunan nasional, bahkan dapat dikatakan maju mundurnya suatu bangsa dapat dilihat bagaimana kemajuan pendidikannya, baik dari segi sarana maupun mutunya, karena pendidikan adalah masalah yang kompleks dan selalu berubah. Karena yang menjadi subyek dan obyek pendidikan adalah semua manusia.
Fokus penelitian dalam skripsi ini bagaimana Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta didik di SMP Darul Hikmah Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMP Darul Hikmah Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam menentukan sumber data menggunakan purposive sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut : a) observasi, b) interview dan c) dokumenter.
Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dengan langkahlangkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Kesimpulan penelitian ini adalah berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan serta pembahasan hasil temuan dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik di SMP Darul Hikmah Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 Diterapkan melalui model pembelajaran ekspositori dan inkuiri, sedangkan kesimpulan khususnya yaitu (1) Strategi pembelajaran ekspositori pada
Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Hikmah Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 sudah diterapkan, sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat berjalan dengan lancar dan kemampuan serta prestasi siswa dalam bidang kognitif, afektif maupun psikomotorik dapat tercapai dan (2) Strategi pembelajaran inkuiri pada Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Hikmah Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 sudah diterapkan dengan baik,sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan kemampuan siswa dalam bidang kognitif, afektif maupun psikomotorik mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari kemampuan afektif siswa yaitu sikap siswa seperti karakter siswa yang menerima dan siswa memiliki sopan santun dalam bersikap. Demikian juga dalam bidang psikomotorik, kemampuan siswa dalam mempraktikkan teori dan melaksanakan pembiasaan dari materi yang telah diajarkan.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 11 Sep 2017 03:54
Last Modified: 11 Sep 2017 03:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item