Implementasi kurikulum operasional berbasis pesantren di MTS Darul Falah Cermee Bondowoso

Farohah, Lana (2024) Implementasi kurikulum operasional berbasis pesantren di MTS Darul Falah Cermee Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 010 - PAI - 2024)
Lana Farohah WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Lana Farohah, 2024: Implmentasi Kurikulum Operasional Berbasis Pesantren Di MTs Darul Falah Cermee Bondowoso.
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat sejak dulu. Setiap orang memerlukan pendidikan untuk kelangsungan hidupnya. Pendidikan dalam masyarakat memiliki tiga sifat penting; pertama, pendidikan mengandung nilai dan memberikan pribadi anak agar sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Kedua, pendidikan diarahkan pada kehidupan dalam masyarakat. Ketiga, pelaksanaan pendidikan dipengaruhi dan didukung oleh lingkungan masyarakat. Salah satu penentu dari keberhasilan pendidikan adalah kurikulum operasional. Dengan adanya konsep kurikulum operasional yang baik maka akan mendapatkan hasil yang baik pula. Konsep kurikulum operasional yang baik itu tidak hanya menjadikan murid menguasai ilmu pengetahuan saja akan tetapi juga dibekali dengan nilainilai keagamaan. Untuk mewujudkan out put seperti itu diperlukan sebuah perkembangan kurikulum operasional. Dalam hal ini Sekolahan MTs Darul Falah Cermee Bondowoso merupakan salah satu lembaga yang telah mengembangkan kurikulumya yaitu menerapkan kurikulum operasional berbasis pesantren, yang mana dalam penerapan ini merupakan sebuah perpaduan antara kurikulum pendidikan Islam dengan kurikulum sistem pesantren. Dengan adanya perpaduan tersebut diharapkan peserta didiknya menjadi insan yang kamil.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum operasional berbasis pesantren di MTs Darul Falah Cermee Bondowoso?, 2) Bagaimana implementasi kurikulum operasional berbasis pesantren di MTs Darul Falah Cermee Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui bagaimana perencanaan kurikulum operasional berbasis pesantren di MTs Darul Falah Cermee Bondowoso, 2) Untuk Mengetahui bagaimana implementasi kurikulum operasional berbasis pesantren di MTs Darul Falah Cermee Bondowoso
Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipasif, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan peneliti, yaitu: 1. Perencanaan kurikulum operasional berbasis pesantren di Mts Darul Falah Cermee Bondowoso ini melalui pengembangan kurikulum disekolah ini dikembangkan yaitu dengan tambahan mata pelajaran pesantren diantaranya meliputi pelajaran Al-Qur’an, kitab kuning (Tauhid, Fiqh, Akhlak) Tajwid, Tafsir, Hadist, dan juga progam pembentukan akhlak, serta lembaga ini melakukan sebuah pengembangan kurikulum guna meningkatkan atau memperbaiki moral dan akhlak dari peserta didik dan juga memperdalam ilmu pengetahuan tentang agama Islam. 2. Implementasi kurikulum operasional berbasis pesantren di Mts Darul Falah Cermee Bondowoso ini begitu mengedepankan nilai-nilai pendidikan Agama secara mendalam, yang mana didalamnya menganjurkan para siswanya untuk selalu melaksanakan sunah rosul dalam kegiatan sehari-harinya seperti sholat dhuha, sholat dhuhur berjama’ah, membaca ayat al-qur’an, hafalan yasin dan juz amma, serta selalu membiaskan membaca asmaul husna diawal jam pelajaran.

Kata Kunci: Kurikulum Operasional, Berbasis Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lana Farohah
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:09
Last Modified: 01 Jul 2024 04:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33004

Actions (login required)

View Item View Item