Arrozi, Fathur Rahman (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pesawat Sederhana Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif Condro Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Fathur Rahman Arrozi (205101040003).pdf Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan media yang menarik dalam kegiatan pembelajaran terutama pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kurang tertarik dalam materi pesawat sederhana karena materi susah difahami. Pentingnya inovasi dan pengembangan terhadap media yang sudah ada sangat diperlukan agar dapat mempunyai nilai lebih, sehingga media dapat berdaya guna terhadap peserta didik. Dalam penelitian ini media yang dikembangkan berupa media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai daya guna media, kelayakan serta kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline.
Rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana desain produk Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif Condro Jember? 2. Bagaimana kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif Condro Jember? 3. Bagaimana kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif Condro Jember?
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif Condro Jember ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima (5) tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V di MIMA Condro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan angket validasi ahli untuk mengetahui kelayakan dan angket respon guru dan siswa untuk mengetahui kepraktisan dengan menggunakan skala likert and guttman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Desain produk pengembangan media pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline yaitu diawali dengan cover kemudian menu utama, pendahuluan, standar kompetensi, petunjuk tombol, materi, panduan kuis, kuis, review jawaban, sumber belajar, informasi, dan penutup. (2) Hasil kelayakan Media pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline oleh 3 validator diperoleh nilai rata-rata 93% artinya media pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline dikategorikan sangat layak (3) Hasil kepraktisan Media pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline diketahui pada saat setelah melakukan uji coba media pada pembelajaran di kelas. Proses uji coba dilakukan oleh 2 responden yaitu respon guru dan siswa memperoleh hasil rata-rata sebesar 89% artinya Media pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline sangat praktis digunakan pada Pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam Materi Pesawat Sederhana Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma`arif Condro Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Fathur Rahman Arrozi |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:27 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33006 |
Actions (login required)
View Item |