Pelestarian Bahasa Using dan Kesenian Melalui Muatan Lokal Bahasa Using di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 03 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020

Titi Andari, Ratih (2020) Pelestarian Bahasa Using dan Kesenian Melalui Muatan Lokal Bahasa Using di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 03 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Titi Andari Ratih_T20164009.pdf

Download (5MB)

Abstract

Titi Andari Ratih, 2020. Pelestarian Bahasa Using dan Kesenian Melalui Muatan Lokal Bahasa Using di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 03 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dibimbing oleh Lailatul Usriyah, M.Pd.I Skripsi ini membahas mengenai pelestarian bahasa Using dan kesenian melalui muatan lokal bahasa Using di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 03 Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. Pentingnya melestarikan bahasa Using dan kesenian Banyuwangi melalui pelajaran muatan lokal bahasa Using dan wajib diterapkan diseluruh lembaga MI/SD di kabupten Banyuwangi. Penelitian ini memiliki latar belakang identitas bahasa dan kesenian kedaerahan di Indonesia yakni Banyuwangi yang mengalami krisis di era globalisasi. Bahasa Using dan kesenian yang dihubungkan dengan ritual merupakan identitas kabupaten Banyuwangi yang perlu diperkenalkan dan dilestarikan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: 1) apa urgensitas pelestarian bahasa Using dan kesenian melalui pembelajaran muatan lokal bahasa Using penting bagi MIN 03 Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020? 2) bagaimana proses pelestarian bahasa Using dan kesenian melalui pembelajaran muatan lokal bahasa Using di MIN 03 Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020? 3) apa saja faktor pendukung dan penghambat pelestarian bahasa Using dan kesenian melalui pembelajaran muatan lokal bahasa Using di MIN 03 Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk menjelaskan urgensitas pelestarian bahasa Using dan kesenian melalui muatan lokal bahasa Using bagi MIN 03 Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. 2) untuk menjelaskan pelestarian bahasa Using dan kesenian melalui pembelajaran muatan lokal bahasa Using di MIN 03 Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. 3) untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pelestarian bahasa Using dan kesenian melalui pembelajaran muatan lokal bahasa Using di MIN 03 Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. Untuk menjawab fokus penelitian diatas, peneliti menggunakan metode pendekatan penelitian kualtatif deskriptif dengan jenis studi kasus dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verivikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) urgensitas pelestarian bahasa Using dan kesenian melalui muatan lokal bahasa Using bagi MIN 03 Banyuwangi karena di dalam pelajaran muatan lokal bahasa Using juga terdapat kesenian dan budaya serta mengingat arus globalisasi dan tidak semua masyarakat Banyuwangi berbahasa Using. Bahasa dan kesenian merupakan budaya yang harus dilestarikan dan menjadi tiga fungsi yaitu sebagai: pedoman hubungan antara manusia, tempat menyalurkan perasaan, membimbing bagi kehidupan. 2) proses pelestarian bahasa Using dan kesenian melalui pembelajaran muatan lokal bahasa Using di MIN 03 Banyuwangi a) Perencanaan mempertimbangkan dan melihat realitas yang ada di lembaga dengan kemampuan siswa b) proses pembelajaran menggunakan media dan metode yang pas c) evaluasi dengan penilaian formatif dan sumatif. 3) faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukungnya dari guru yang notabene berbahasa Using, adanya metode karya wisata dan pendekatan lingkungan dan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan kesenian dari lembaga. Sedangkan faktor penghambat a) faktor internal: faktor psikologis meliputi intelegensi, perhatian dan faktor kelelahan. b) faktor eksternal: faktor sekolah meliputi metode, kurikulum, relasi, alat pengajaran dan lingkungan lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:28
Last Modified: 23 Mar 2022 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3301

Actions (login required)

View Item View Item