Khorilina, Any (2024) Manajemen Digitalisasi di Madrasah Tsanawiyah Ngegeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-026-MPI-2024)
ANY KHORILINA_202101030040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (26MB) |
Abstract
Any Khorilina, 2024: Manajemen Digital di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2
Jember.
Kata Kunci: Manajemen Digital, Kepemimpinan, Literasi Digital
Digitalisasi telah menjadi salah satu aspek penting dalam pengelolaan
pendidikan, termasuk di lingkungan madrasah. Dan kepemimpinan kepala
madrasah memiliki peran dalam mengarahkan dan menggerakkan Manajemen
Digital melalui implementasi literasi digital di lingkungan Madrasah.
Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Kepemimpinan Kepala
Madrasah Dalam Implementasi Literasi Digital Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2
Jember? (2) Apa Faktor Penghambat Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam
Implementasi Literasi Digital Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mendeskripsikan Bagaimana
Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Implementasi Literasi Digital Di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember (2) Untuk Mendeskripsikan Apa Faktor
Penghambat Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Implementasi Literasi
Digital Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif . Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan
model interaktif Miles Huberman dan Saldan dengan langkah pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember adalah: (1)
Kepala madrasah mengambil inisiatif dengan mewujudkan visi dan misi digital
literasi, melibatkan stakeholder, mendorong kolaborasi dalam seminar literasi dan
pembentukan TIM GELEM (Gerakan Literasi Madrasah). (2) ada beberapa faktor
penghambat yang menghadang implementasi literasi digital, termasuk kurangnya
minat dari siswa dan tenaga pendidik terhadap literasi digital, keterbatasan
kemampuan digital, serta kurangnya pembiayaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100602 Input, Output and Data Devices 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100699 Computer Hardware not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Any Khorilina |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 03:41 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 07:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33027 |
Actions (login required)
View Item |