Diagnosis Kesalahan Pengambilan Keputusan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII

Isma, Luluk Izzatul (2024) Diagnosis Kesalahan Pengambilan Keputusan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-022-TMTK-2024)
LULUK IZZATUL ISMA_202101070019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: kesalahan, pengambilan keputusan, teorema pythagoras

Pembelajaran matematika bergantung pada pemecahan masalah, yang menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir dan bukan hanya pemahaman konsep. Pemecahan masalah matematika siswa akan selalu berkaitan dalam kegiatan pengambilan keputusan. Siswa menganggap matematika sebagai bidang studi yang paling sulit, yang menyebabkan kesalahan dalam pembelajaran matematika. Sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan penerapan materi teorema pythagoras yang berbentuk soal cerita. Banyak sekali kesalahan-kesalahan yang dapat dialami oleh siswa. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa pada keterampilan pengambilan keputusan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana diagnosis kesalahan pengambilan keputusan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi teorema pythagoras kelas VIII? Tujuan penelitian ini adalah mendiagnosis kesalahan pengambilan keputusan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi teorema pythagoras kelas VIII.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII D SMPN 1 Bangsalsari yang berjumlah 32 siswa dengan 7 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu Data Collection, Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing/verification. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu jenis kesalahan pengambilan keputusan yang lebih banyak dilakukan oleh siswa, yaitu memahami konteks dan memprioritaskan pilihan yang terjadi pada enam siswa. Selanjutnya kesalahan pengambilan keputusan yang lebih sedikit terjadi adalah mendefinisikan keputusan dan mengecek kembali pilihan yang dialami oleh tiga siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Luluk Izzatul Isma
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:46
Last Modified: 05 Jul 2024 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33028

Actions (login required)

View Item View Item