Analisis Kelayakan Isi Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017

NIDAUL HASANAH, SAFITRI (2020) Analisis Kelayakan Isi Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
NIDAUL HASANAH SAFITRI_T20161114.pdf

Download (25MB)

Abstract

Nidaul Hasanah Safitri, 2020: Analisis Kelayakan Isi Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember. Kelayakan isi merupakan salah satu kriteria diantara empat kriteria kelayakan sebuah buku ajar menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), yang meliputi kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Secara umum, sebelum sebuah buku ajar digunakan oleh guru dan siswa, buku tersebut dinilai kelayakannya terlebih dahulu oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Komponen kelayakan isi meliputi kesesuaian materi dengan KI dan KD, kekauratan materi, dan materi pendukung pembelajaran. Penelitian ini hanya memfokuskan pada kriteria kelayakan isi buku ajar, karena menurut peneliti dari keempat kriteria tersebut kelayakan isi lebih penting dibandingkan dengan kelayakan yang lain, meskipun dari keempat kelayakan tersebut saling berkontribusi satu sama lain. Berdasarkan realita yang ada dalam dunia pendidikan, ternyata masih banyak sekali permasalahan pada buku ajar terkait konten (muatan) materi yang ada di dalamnya. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimanakah kelayakan isi buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan isi buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik telaah dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu content analysis (analisis isi). Analisis isi yang digunakan yaitu analisis isi deskriptif. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan ketekunan/keajegan pengamatan dan triangulasi teori. Berdasarkan analisis kelayakan isi pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017 diperoleh hasil persentase pada seluruh bab sebesar 66,75%. Nilai tersebut jika dikualitatifkan termasuk dalam kategori cukup layak disajikan sebagai buku ajar. Akan tetapi terdapat catatan pada beberapa bab untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi demi menunjangnya kebutuhan peserta didik akan buku ajar yang valid. Kata Kunci: Kelayakan isi, Buku ajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:28
Last Modified: 23 Mar 2022 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3303

Actions (login required)

View Item View Item