Implementasi Model Pembelajaran Jurisprudential inquiry pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Banyuputih Wringin Bondowoso tahun pelajaran 2023/2024

Nabila, Pipin (2024) Implementasi Model Pembelajaran Jurisprudential inquiry pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Banyuputih Wringin Bondowoso tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text (SK-006-IPS-2024)
PIPIN NABILA_T20179035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Pipin Nabila, 2024: “Implementasi Model Pembelajaran Jurisprudential Inquirypada Mata Pelajaran IPS di MTs Nurul Hidayah Banyuputih Wringin Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024”.
Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry, Mata Pelajaran IPS.
penelitian ini dilator belakangi oleh adanya proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang kurang kondusif. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi sosial. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk prosese internalisasi nilai-nilai siswa adalah Model pembelajaran Jurisprudential Inquiry, yang mana di dalam model ini belajar sebagai upaya memperbaiki masyarakat dengan memperbaiki hubungan-hubungan interpersonal melalui prosedur demokratis.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran jurisprudential inquiry pada mata pelajaran IPS di MTs Nurul Hidayah Banyuputih, Wringin, Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran jurisprudential inquiry pada mata pelajaran IPS di MTs Nurul Hidayah Banyuputih, Wringin, Bondowoso
Tahun Pelajaran 2023/2024, 3) Mendeskripsikan evaluasi model pembelajaranjurisprudential inquiry pada mata pelajaran IPS di MTs Nurul Hidayah Banyuputih, Wringin, Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif , jenis penelitiannya adalah field research.. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan model pembelajaran Jurisprudential Inquiry pada mata pelajaran IPS di MTs Nurul Hidayah yaitu, Perencanaan model pembelajaran jurisprudential inquiri pada mata pelajaran IPS MTs Nurul Hidayah Banyuputih dilakukan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS), menganalisis materi pelajaran, menentukan media dan sumber belajar, 2) Pelaksanaan model pembelajaran Jurisprudential Inquiry pada mata pelajaran IPS. Pelaksanaan model pembelajaran jurisprudential inquiry pada mata pelajaran IPS di MTs Nurul Hidayah dilakukan dengan tujuh langkah yaitu: Menyampaikan tujuan, orientasi kasus, identifikasi isu, penetapan posisi, pola argumentasi, mengkualifikasi posisi, melakukan pengujian asumsi-asumsi terhadap posisi, 3) Evaluasi model pembelajaran Jurisprudential Inquiry pada mata pelajaran IPS. Evaluasi yang dimaksud disini adalah cara untuk mengukur hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran jurisprudential inquiry pada mata pelajaran IPS di MTs Nurul Hidayah Banyuputih. Evaluasi model pembelajaran jurisprudential inquiry pada mata pelajaran IPS menggunakan penilaian autentik, penilaian ini dilakukan dalam dua bentuk yaitu (a) menilai hasil Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (b) menilai aktivitas siswa dalam kelompok dengan instrumenpenilaian aktivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Pipin Nabila
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:14
Last Modified: 03 Jul 2024 03:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33032

Actions (login required)

View Item View Item