INTERNALISASI NILAI-NILAI FIQIH IBADAH MELALUI KEGIATAN EKOLOGI PESANTREN UNTUK MEMBENTUK GENERASI BERKESADARAN MORAL DI PONDOK PESANTREN ANNUQAYAH LUBANGSA GULUK-GULUK SUMENEP

Hanik, Umi (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI FIQIH IBADAH MELALUI KEGIATAN EKOLOGI PESANTREN UNTUK MEMBENTUK GENERASI BERKESADARAN MORAL DI PONDOK PESANTREN ANNUQAYAH LUBANGSA GULUK-GULUK SUMENEP. Masters thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tesis Umi Hanik.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hanik, Umi, 2024. Internalisasi Nilai-nilai Fiqh Ibadah melalui Kegiatan Ekologi Pesantren untuk Membentuk Generasi Berkesadaran Moral di Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa Guluk-Guluk Sumenep. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr.H. Moch. Chotib, MM., Pembimbing II: Dr. Andi Suhardi, M.Pd.
Kata kunci: Nilai-nilai Fiqh Ibadah, Ekologi Pesantren, Generasi Berkesadaran Moral.
Persoalan lingkungan hidup merupakan masalah manusia sepanjang masa, sebab manusia dan lingkungan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Artinya manusia menentukan dan mempengaruhi lingkungan atau sebaliknya lingkungan yang mempengaruhi manusia.
Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana transformasional nilai-nilai fiqih ibadah melalui kegiatan ekologi Pesantren untuk membentuk generasi berkesadaran moral di Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa Guluk-Guluk Sumenep? 2) Bagaimana transaksional nilai-nilai fiqih ibadah melalui kegiatan ekologi Pesantren untuk membentuk generasi berkesadaran moral di Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa Guluk-Guluk Sumenep? 3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai fiqih ibadah melalui kegiatan ekologi Pesantren untuk membentuk generasi berkesadaran moral di Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa Guluk-Guluk Sumenep?
Tujuan penelitian ini: 1) Menganalisis transformasional nilai-nilai fiqih ibadah melalui kegiatan ekologi Pesantren untuk membentuk generasi berkesadaran moral di Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa Guluk-Guluk Sumenep. 2) Menganalisis transaksional nilai-nilai fiqih ibadah melalui kegiatan ekologi Pesantren untuk membentuk generasi berkesadaran moral di Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa Guluk-Guluk Sumenep. 3)Menganalisis internalisasi nilai-nilai fiqih ibadah melalui kegiatan ekologi Pesantren untuk membentuk generasi berkesadaran moral di Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa Guluk-Guluk Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data interaktif kualitatif dengan model menurut Miles, Huberman, dan Saldana. Dengan alur kondensasi, data penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini meliputi triangulasi sumber dan triangulasi data.
Hasil temuan pada penelitian menunjukan bahwa internalisasi nilai-nilai fiqih ibadah melalui kegiatan ekologi pesantren di Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa sudah berlangsung kurang lebihh satu tahun. Metode yang diterapkan menggunakan peraturan pesantren, santri mempraktekkannya kedalam aktifitas santri setiap harinya. Dan yang terakhir dalam internalisasi nilai-nilaim fiqih ibadah melalui kegiatan ekologi pesantren menggunakan evaluasi proses dan evaluasi hasil dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana perolehan yang di dapat santri selama kegiatan ekologi berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ummi Hanik
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:20
Last Modified: 10 Jun 2024 06:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33039

Actions (login required)

View Item View Item