pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024

Mu'awanah, Siti (2024) pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-021-IPS-2024)
SITI MU'AWANAH_204101090011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Mu’awanah, 2024 :Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Lumajang Tahun
Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci : Team Games Tournament , Motivasi Belajar dan Pembelajaran IPS
Guru masih berpusat kepada pendekatan pembelajaran konvesional
sehingga akan berdampak pada pengetahuan yang diperoleh oleh siswa karena
pembelajaran terkesan monoton dan membosankan. Akibatnya siswa masih
kurang terlibat, pasif dalam ke ikut sertaan pada kegiatan pembelajaran sehingga
motivasi belajar siswa kurang optimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Team Games Tournament terhadap motivasi belajar siswa kelas
VIII MTs Negeri 3 Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024
Metode penelitian dalam penelitian yaitu menggunakan kuantitatif.
Peneliti menggunakan pre-experimental one group pre-test-pos-test design.
Metode menggumpulkan data menggunakan observasi dan angket. Instrumen
penelitian peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk
menganalisi data menggunakan uji prasarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Team Games
Tournament berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari
peningkatan hasil pre-test dan post-test siswa. hal tersebut dibuktikan dengan
perhitungan uji hipotesis dengan rumus independent samples test, perhitungan
menggunakan SPSS Statistics 22 mendapatkan hasil 0,000 dengan dasar
pengambilan keputusan yaitu jika nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 maka H0 ditolak dan
H1 diterima. Sehingga dari hasil tersebut diketahui 0,000 < 0,05 yang mana
artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil ini juga didukung dengan keterlibatan
siswa dalam proses pembelajaran, dimana kelas ekperimen diberi perlakuan
model pembelajaran Team Games Tournament yang lebih optimal dibandingkan
dengan kelas kontrol. dilihat dari perubahan nilai rata- rata yang ada. Motivasi
belajar kelas kontrol tergolong rendah , saran untuk guru betapa pentingnya
memberikan perhatian, bimbingan, dan dorongan kepada siswa untuk mendorong
partisipasi aktif mereka dalam diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: ms Siti Mu’awanah
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:09
Last Modified: 03 Jul 2024 04:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33041

Actions (login required)

View Item View Item