Pengaruh penerapan media audio visual terhadap hasil belajar siswa sub tema kehidupan masyarakat pada masa Islam kelas VII SMPN 02 Jenggawah

Maftuchin, Imam (2024) Pengaruh penerapan media audio visual terhadap hasil belajar siswa sub tema kehidupan masyarakat pada masa Islam kelas VII SMPN 02 Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text (SK-019-IPS-2024)
watermark imam skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
IMAM MAFTUCHIN, 2024 : Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sub Tema Kehidupan Masyarakat Pada Masa IslamKelas VII SMPN 02 Jenggawah Tahun Ajaran 2022/2023
Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS, Sub
Tema Kehidupan Masyarakat Pada Masa Islam
Guru Berfokus terhadap pendekatan pembelajaran yang lama yakni dengan menggunakan media konvesional, sehingga berdampak pada pengetahuan yang diperoleh oleh siswa. Akibatnya siswa enggan mengembangkan kemampuan berfikir dan bersosial dengan teman sebaya serta pendidik yang sedang mengajar, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal.
Rumusan masalah Apakah terdapat pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sub Tema Kehidupan Masyarakat Pada Masa Islam Kelas VII SMPN 02 Jenggawah Tahun Ajaran 2022/2023?
Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ini untuk mengetahui pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sub Tema Kehidupan Masyarakat Pada Masa Islam Kelas VII SMPN 02 Jenggawah Tahun Ajaran 2022/2023.
Metode penelitian dalam penelitian yaitu menggunakan kuantitatif. Peneliti menggunakan Nonequivalent Control Group Design yang termasuk Quasy Experimental. Metode pengumpulan data menggunakan Kuisioner, dengan bentuk pilihan ganda. Instrumen penelitian peneliti menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Untuk menganalisi data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Untuk uji hipotesisnya menggunakan statistik non parametik yakni Mann Whitney U.
Uji menggunakan Mann whitney menunjukkan bahwa Asymp sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 sebagimana dasar dari uji hipotesis bahwa jika nilai Asmyp sig (2-tailed) < 0.05 maka Ho di tolak. Dengan demikian dapat ditetapkan bahwasanya penerapan media audio visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sub tema kehidupan masyarakat pada masa Islam kelas VII SMPN 02 Jenggawah Tahun ajaran 2022/2023.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah Penerapan Media Audio Visual iniberpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil ini juga didukung dengan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, kelas eksperimen diberi perlakuan Media Audio Visual yang lebih menarik dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan media pembelajaran konvesional. Sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol yang hanya menggunakan media konvesional (White board, Repository)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100504 Data Communications
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: S.pd Imam maftuchin Uin
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:18
Last Modified: 03 Jul 2024 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33049

Actions (login required)

View Item View Item