Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula di Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Madinatul Ulum Cluring Banyuwangi

CUT LULUK, MASKUROH (2020) Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula di Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Madinatul Ulum Cluring Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
CUT LULUK MASKUROH_T20151140.pdf

Download (17MB)

Abstract

Cut Luluk Maskuroh, 2019 “Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula di Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Madinatul Ulum Cluring Banyuwangi”. Pendidikan agama merupakan bagian dari pendidikan yang amat penting berkenaan dengan aspek-aspek sikap dan nilai, antara lain akhlak dan keagamaan, oleh karena itu pendidikan agama juga menjadi tanggung jawab keluarga, masyarakat dan pemerintah. Tujuan pendidikan nasional memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan agama Islam yang muaranya adalah untuk menciptakan insan kamil yang memiliki, ketauhidan dan keislaman, yang ada didalamnya juga mencerminkan adanya akumulasi tiga aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pendidikan Agama Islam sebagai bidang study yang diberikan disetiap lembaga pendidikan adalah sebagai salah satu upaya mentransformasikan nilai-nilai moral yang islami pada peserta didik sehingga memiliki sikap moral yang tangguh dan tanggap terhadap fenomena yang mengarah pada degredasi moral yang sebagai akibat adanya era globalisasi informasi yang sarat dengan muatan nilai-nilai yang sifatnya tidak islami sulit untuk dihindari. Pendidikan Islam dalam hal ini sangat findamental sebagai kendali moral, bagi peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1)Bagaimana unsur manusiawi dalam sistem pembelajaran pendidikan agama Islam?(2)Bagaimana unsur material dalam sistem pembelajaran pendidikan agama Islam?(3)Bagaimana unsur prosedur dalam sistem pembelajaran pendidikan agama Islam? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian dipilih dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif milik Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini : (1) Unsur manusiawi dalam sistem pembelajaran adalah terdiri dari siswa, guru/pengajar, serta orang-orang yang mendukung terhadap keberhasilan proses pembelajaran.(2) unsur material adalah berbagai bahan pelajaran yang dapat disajikan sebagai sumber belajar. materi yang disampaikan mengacu pada nilai-nilai religi baik itu aqidah, syariah atau akhlak dan materi ini lebih mengarah pada kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik, selanjutnya terkait dengan materi yang disampikan sangat luas sedangkan waktunya sempit ini merupakan bukan sebuah masalah karena materi yang disampaikan disesuaikan dengan taraf kemampuan siswa.(3) prosedur adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran misalnya strategi dan metode pembelajaran. pelaksanaan atau penggunaan metode dalam proses pembelajaran yang disampaikan di madrasah diniyyah taklimiyah ula di madinatul ulum Cluring Banyuwangi dapat dikatakan optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:29
Last Modified: 23 Mar 2022 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3305

Actions (login required)

View Item View Item