Strategi Kebijakan Politik Pan-Iskamisme Turki Utsmani Pada Masa Sultan Abdul Hamid II (1876-1909 M)

Alawiyah, Afifah (0029) Strategi Kebijakan Politik Pan-Iskamisme Turki Utsmani Pada Masa Sultan Abdul Hamid II (1876-1909 M). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afifah Alawiyah_201104040011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sultan Abdul Hamid II diangkat menjadi Khalifah Daulah Utsmaniyah pada tanggal 31 Agustus 1876 Pada masa kepemimpinan Khalifah Daulah Utsmaniyah yang sebelumnya lebih condong ke Barat dan menyebabkan Daulah UtsmaniyHa mengalami berbagai permasalahan, mulai dari westernisasi yang besar hingga terjadinya perubahan kondisi politik, sosial, dan keagamaan. Sultan Abdul Hamid II yang membawa pendekatan tersendiri dalam kepemimpinannya didalam pemerintahan dengan bermaksud mengembalikan kondisi Daulah Utsmaniyah dengan menyatukan seluruh umat Muslim seluruh dunia dibawah kekuasaannya, yang disebut dengan kebijakan politik Pan-Islamisme. Visi Pan-Islamisme sebagai sarana untuk menyatukan umat Islam di seluruh dunia, selaras dengan strateginya yang lebih luas untuk menstabilkan Turki Utsmaniyah selama periode tantangan yang signifikan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini ialah: 1. Bagaimana latar belakang munculnya kebijakan politik Pan-Islamisme Sultan Abdul Hamid II? 2. Bagaimana strategi Sultan Abdul Hamid II dalam merealisasikan kebijakan politik Pan-Islamisme terhadap Daulah Utsmaniyah? Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan bagaimana latar belakang munculnya kebijakan politik Pan-Islamisme Daulah Utsmaniyah pada masa Sultan Abdul Hamid II dan menjelaskan menjelaskan strategi Sultan Abdul Hamid II dalam merealisasikan kebijakan politik Pan-Islamisme terhadap Daulah Utsmaniyah. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan kajian pustaka, dengan menggunakan metode penelitian sejarah yang mencakup heuristk, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini berbasis primer dan sekunder, seperti arsip, tulisan, dan buku-buku yang mengkaji Turki Utsmani. Kemudian sumber-sumber tersebut dianalisis berdasarkan isinya dari data-data yang telah dikumpulkan, baik data primer dan sekunder.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa : 1.) latar belakang munculnya kebijakan politik Pan-Islamisme Daulah Utsmaniyah pada masa Sultan Abdul Hamid II berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal munculnya kebijakan Pan-Islamisme Sultan Abdul Hamid II ialah, akibat dari kemuduran pasca kekalahan perang. Sedangkan faktor eksternal dari munculnya kebijakan politik Pan-Islamisme Sultan Abdul Hamid II ialah, Masuknya pemikiran Barat di dalam Daulah Utsmaniyah dan terjadinya penjajahan di wilayah-wilayah Islam. 2.) Strategi kebijakan politik Pan-Islamisme Sultan Abdul Hamid yang digunakan dalam merealisasikan kebijakan Pan-Islamismenya, diantaranya ialah: a.) Strategi propaganda media massa, b.) Pengiriman konsuler ke berbagai wilayah-wilayah Muslim, c.) Pembangunan sistem transportasi, d.) Kampanye memajukan Pendidikan, dan e.) Strategi memajukan ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220208 History and Philosophy of the Social Sciences
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: mrs afifah alawiyah
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:31
Last Modified: 10 Jun 2024 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33052

Actions (login required)

View Item View Item