Efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Untuk Mendukung Pencapaian SDGs 2030 Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember

Maimunah, Siti (2024) Efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Untuk Mendukung Pencapaian SDGs 2030 Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI MAIMUNAH_204105020054.watermar1-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kesejahteraan masyarakat adalah ketika setiap orang mampu memenuhi kebutuhan dasar dan kualitas hidup mereka sehingga memiliki status sosial yang sama dengan masyarakat lainnya. Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pencapaian SDGs 2030. Kondisi PKH di Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dikatakan cukup baik, namun masih ada beberapa masalah yang perlu ditangani, seperti ketidaksesuaian sasaran program dan keterlambatan penyaluran dana.
Fokus masalah yang meliputi: 1) Bagaimana pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin di Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember? 2) Bagaimana efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin untuk mendukung pencapaian SDGs 2030 Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait pelaksanaan serta efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin untuk mendukung pencapaian SDGs 2030 Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) untuk mengidentifikasi peramasalahan tersebut. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik pengabsahan data yang dilakukan menggunakan triangulasi (gabungan).
Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin di Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan prosedur dan mekanisme penyaluran PKH, sehingga pelaksanaan program tersebut dapat dikatakan efektif. 2) Efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin untuk mendukung pencapaian SDGs 2030 Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember sudah efektif dan tersalurkan dengan baik, dibuktikan dengan indikator efektifitas yang mencakup pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat.
Kata kunci: Efektifitas PKH, Kesejahteraan Masyarakat, SDGs

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Siti Maimunah
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:24
Last Modified: 11 Jun 2024 04:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33056

Actions (login required)

View Item View Item