Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi ANDROID MOBILE LEARNING Mmenggunakan sofware CONSTRUCT 2 pada materi energi dalam sistem kehidupan untuk siswa kel;as VII di MTs Nurul Hasan

Arief Wicaksono, Bagus (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi ANDROID MOBILE LEARNING Mmenggunakan sofware CONSTRUCT 2 pada materi energi dalam sistem kehidupan untuk siswa kel;as VII di MTs Nurul Hasan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Jember.

[img] Text (SK-003-TADRIS-IPA-2024)
BAGUS ARIEF WICAKSONO_T201710007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Bagus Arief Wicaksono, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Mobile Learning Menggunakan Software Construct 2 Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan Untuk Siswa Smp/Mts Kelas Vii
Kata Kunci : android, aplikasi, energi, teknologi
Aplikasi android merupakan media pembelajaran yang berbentuk APK (Android Package Kit) yang hanya dapat digunakan pada smartphone yang menggunakan sistem operasi android. Pengembangan produk aplikasi android didasarkan pada perkembangan teknologi yang selalu mengalami kemajuan dari zaman ke zaman.
Tujuan penegmbangan yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu mendeskripsikan validasi aplikasi android berbasis mobile learning menggunakan software construct 2 pada materi energi dalam sistem kehidupan untuk siswa kelas VII di MTs Nurul Hasan dan mendeskripsikan respons peserta didik terhadap pengembangan aplikasi android berbasis mobile learning menggunakan software construct 2 pada materi energi dalam sistem kehidupan untuk siswa kelas VII di MTs Nurul Hasan.
Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan RnD (Research and Development). Metode Research and Development dilakukan untuk menghasilkan produk dan menguji produk yang dikembangkan. Dalam penelitian ini produk yang dihasilkan yaitu Aplikasi Android Mobile Learning untuk siswa kelas VII SMP?MTs. Pada penelitian ini menggunakan model penelitian 4D (Define, Design, Develop, dan Desiminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek penelitian melibatkan satu ahli media, satu ahli maetri dan satu ahli pengguna yaitu guru dari MTs Nurul Hasan Dadapan, Bondowoso.
Pada aplikasi android, aspek materi dinilai sangat layak dengan presentase nilai 95,24%, aspek media dinilai sangat layak dengan presentase nilai 86%, dan aspek pengguna dinilai sangat layak dengan presentase nilai 83,4%. Siswa merespon bahwa media sangat menarik dengan presentase nilai 86,66%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020302 Electrostatics and Electrodynamics
03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039903 Industrial Chemistry
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Bagus Arief Wicaksono
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:11
Last Modified: 09 Jul 2024 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33062

Actions (login required)

View Item View Item