Pembelajaran Kitab Jazariyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Putri Probolinggo

NANIK, HIDAYATI (2020) Pembelajaran Kitab Jazariyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Putri Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
NANIK HIDAYATI_T20161229.pdf

Download (8MB)

Abstract

Nanik Hidayati, 2020. Pembelajaran Kitab Jazariyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Putri Probolinggo. Allah memerintahkan kepada seluruh umat Islam agar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Akan tetapi santri masih terdapat kesalahan-kesalahan dalam membaca Al-Qur’an, sehingga diperlukannya pembelajaran kitab tentang ilmu tajwid. Salah satu kitab yang membahas tentang ilmu tajwid adalah kitab Jazariyah, yang diterapkan dipondok pesantren Roudlotut Tholibin Putri Probolinggo. Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Jazariyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Roudlotut Tholibin Putri Probolinggo? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Jazariyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Rodlotut Tholibin Putri Probolinggo? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Jazariyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Roudlotut Tholibin Putri Probolinggo? Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran kitab Jazariyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Roudlotut Tholibin Putri Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sementara itu, penentuan subyek menggunakan secara purposive, dan teknik mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Milles, Huberman dan Saldana. Adapun langkah-langkahnya yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini ialah: 1) Perencanaan pembelajaran kitab Jazariyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Roudlotut Tholibin adalah mengadakan rapat bersama ustadz dan ustadzah untuk menentukan jadwal mengajar dan menentukan wali kelas, setelah mempunyai tanggung jawab masing-masing, ustadz dan ustadzah menentukan materi, media, metode pembelajaran dan sumber belajar untuk diinformasikan kepada santri, agar mereka siap dalam belajar. 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Jazariyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Roudlotut Tholibin Putri terdapat tiga cakupan, yaitu: a) Membuka pelajaran: diawali dengan membaca nadlom Jazariyah, kemudian membaca doa, mengucapkan salam dan menanyakan kehadiran santri. b) Menyampaikan materi: santri membaca kitab menggunakan metode sorogan, santri menjelaskan materi ke depan dengan menggunakan papan tulis dan kapur, kemudian tanya jawab, setelah itu ustadzah membaca kitab Jazariyah dengan metode bandongan dan menjelaskan contoh bacaan di Al-Qur’an dan Yanbu’an secara lansung dengan menggunakan metode demontrasi dan terakhir hafalan. 3) Evaluasi pembelajaran kitab Jazariyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Roudlotut Tholibin putri dengan menggunakan tes sumatif yang dilakukan 2 kali dalam satu tahun. Tes tersebut dilakukan dengan cara tes tulis dan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:29
Last Modified: 23 Mar 2022 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3307

Actions (login required)

View Item View Item