ANALISIS PENERAPAN DIGITALISASI MENGGUNAKAN SIA (SISTEM INFORMASI AKUNTANSI) LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM BAKERY DI KABUPATEN SITUBONDO

Nuraini, Dinda Arifah (2024) ANALISIS PENERAPAN DIGITALISASI MENGGUNAKAN SIA (SISTEM INFORMASI AKUNTANSI) LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM BAKERY DI KABUPATEN SITUBONDO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-010-AKSYA-2024)
Dinda Arifah Nuraini_204105030010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24MB)

Abstract

Dinda Arifah Nuraini, Mohammad Mirza Pratama, 2024: Analisis Penerapan Digitalisasi Menggunakan Sia (Sistem Informasi Akuntansi) Laporan Keuangan Pada Umkm Bakery Di Kabupaten Situbondo

Kata Kunci: Digitalisasi Pada UMKM, Sistem Informasi Akuntansi (SIA), Laporan Keuangan Pada UMKM, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Usaha UMKM merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja, dapat berperan dalam proses pendapatan dan juga pemerataan pada masyarakat serta memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat. UMKM merupakan usaha produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh perorangan atau dari badan usaha dari semua sektor ekonomi. Pelaporan keuangan menjadi salah satu masalah yang sering kali terabaikan oleh para pelaku bisnis Usaha Mikro, khususnya berkaitan dengan penerapan kaidah-kaidah laporan keuangan dan akuntansi yang benar. Maka dari itu digitalisasi merupakan jawaban yang tepat untuk mengatasi keterbatasan yang terjadi pada usaha kecil tersebut. Digitalisasi laporan keuangan adalah proses perubahan pencatatan transaksi yang terjadi secara manual berubah menjadi bentuk digital.
Berdasarkan Latar Belakang diatas, maka peneliti menentukan fokus penelitian yang menarik untuk dikaji yaitu: 1) Bagaimana penerapan digitalisasi pada UMKM Bakery menggunakan Sistem Informasi Akuntansi dalam pencatatan laporan keuangan di kabupaten situbondo? 2) Apakah pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi dalam penerapan digitalisasi laporan keuangan pada UMKM bakery berpengaruh terhadap kelancaran UMKM di kabupaten situbondo tersebut?
Peneliti mengidentifikasi permasalahan tersebut dengan menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif atau penelitian lapangan karena penelitian ini harus terjun langsung ke lapangan untuk memperluas dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Penerapan digitalisasi menggunakan sistem informasi akuntansi dengan melalui aplikasi sangat membantu pelaku usaha dan sangat memudahkan bagi pelaku usaha dalam pengelolaan seluruh transaksi laporan keuangannya. 2) Pemanfaatan yang dirasakan oleh pelaku usaha diantaranya ialah dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan laporan keuangan pada perusahaan terserbut dan juga dapat mengontrol biaya operasional bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150111 Accounting System (incl. Accounting Information System)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Dinda Arifah Nuraini
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:02
Last Modified: 10 Jul 2024 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33079

Actions (login required)

View Item View Item