Model Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Potensial Pada Produk Tabungan Di KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Mangaran Situbondo

Widad, Dwi Sofiyatul (2024) Model Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Potensial Pada Produk Tabungan Di KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Mangaran Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-038-PS-2024)
SKRIPSI DWI SOFIYATUL WIDAD.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Sebagai salah satu lembaga keuangan syari’ah, BMT dipercaya lebih mempunyai peluang untuk berkembang dibandingkan dengan lembaga keuangan lain yang beroperasi secara konvensional. Meskipun untuk mencapai tujuan itu diperlukan keja keras untuk mewujudkannya. Namun, Disamping itu BMT mampu menciptakan model pemasaran yang bagus agar dapat meningkatkan jumlah nasabahnya. Model komunikasi pemasaran merupakan perencanaan komunikasi yang dibuat untuk mencapai suatu tujuan pemasaran. Dalam pemasaran modern, pelanggan tidak hanya dapat dipikat melalui sebuah produk yang memiliki kualitas yang bagus, harga yang kompetitif, dan kemudahan dalam mendapatkan produk. Namun sebuah merek juga harus mampu melakukan komunikasi yang baik dengan para pelanggannya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana model komunikasi pemasaran yang di gunakan untuk menarik minat nasabah paa produk tabungan di KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Mangaran Situbondo? 2) Bagaimana indikator model komunikasi pemasaran yang di gunakan untuk menarik minat nasabah paa produk tabungan di KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Mangaran Situbondo?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui model komunikasi pemasaran yang di gunakan untuk menarik minat nasabah paa produk tabungan di KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Mangaran Situbondo. 2) Untuk mengetahui indikator model komunikasi pemasaran yang di gunakan untuk menarik minat nasabah paa produk tabungan di KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Mangaran Situbondo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil temuan data, penelitian ini dapat menghasilkan: 1) Model komunikasi pemasaran yang diterapkan pihak BMT yakni Advertising, Sales Promotion, Public Relation, Direct Marketing, Personal Selling. 2) Indikator dari adanya model komunikasi pemasaran yang di terapkan oleh BMT yakni nasabah merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak BMT sedangkan pihak BMT NU sendiri juga merasa sangat puas dan diuntungkan yang mana dilihat dari bertambahnya jumlah nasabah disetiap tahunnya yang semakin bertambah maka bisa dikatakan strategi yang dilakukan cukup berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Komunikasi Pemasaran, Nasabah Potensial
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Dwi Sofiyatul Widad
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:29
Last Modified: 11 Jul 2024 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33087

Actions (login required)

View Item View Item