Pelaksanaan pembelajaran daring dengan Metode Bimbingan Belajar Berkelanjutan pada Mata Pelajaran Ips di Madrasah Tsanawiyah Al-Haromain Tahun Pelajaran 2021-2022

ADAWIYAH, NUR ROBIATUL (2021) Pelaksanaan pembelajaran daring dengan Metode Bimbingan Belajar Berkelanjutan pada Mata Pelajaran Ips di Madrasah Tsanawiyah Al-Haromain Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-025-TADRIS-IPS)
SKRIPSI NUR ROBI'ATUL ADAWIYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Robi’atul Adawiyah, 2021 : Pelaksanaan Pembelajaran Daring dengan Metode Bimbingan Belajar Berkelanjutan pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Al-Haromain
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Daring,Metode Bimbingan Belajar
Penelitian ini memiliki latar belakang sebagai penyelesaian problem pendidikan yang sedang terjadi akibat dampak pandemi Covid-19 dengan memberikan metode bimbingan belajar berkelanjutan sebagai salah satu cara memberi bantuan kepada peserta didik yang bersifat menunjang dalam mengatasi kejenuhan dalam pembelajaan untuk memudahkan peserta didik dalam aspek pembelajaran
Fokus masalah yang diteliti dalam skrpisi ini adalah 1) bagaimana perencanaan pembelajaran daring dengan metode bimbingan belajar berkelanjutan pada mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Al-Haromain tahun pelajaran 2021-2022 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring dengan metode bimbingan belajar berkelanjutan pada mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Al-Haromain tahun pelajaran 2021-2022 3) bagaimana evaluasi pembelajaran daring dengan metode bimbingan belajar berkelanjutan pada mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Al-Haromain tahun pelajaran 2021-2022
Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini mendeskripskan Perencanaan pembelajarn daring dengan metode bimbingan belajar yang mana perencana mengunakan Rpp daring, sedangan Pelaksanaan pembelajaran dengan mengunakan metode bimbingan belajar berkelanjutandilakukan dengan daring dan uring yang daring melalui zoom, Google Classroom dan Google Meet, dan pelaksanaan berlanjutnya melalui luring dengan ulas balik materi secara tatap muka, dan Evaluasi pembelajaran dengan megunakan metode bimbingan belajar berkelanjutan yang di lakukan menggunakan tes soal-soal yang telah di berikan baik secara daring maupun tes lisan secara langsung sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang telah diberikan.
Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dengan metode bimbingan belajar berkelanjutan ialah bimbingan yang di berikan dalam pembelajaran dalam bentuk pembelajaran daring dengan ulas materi atau bimbingan lanjutan secara tata muka atau luring yang dilakukan pada mata pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah Al-Haromain Desa Mojosari, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Nur Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:22
Last Modified: 09 Jul 2024 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33091

Actions (login required)

View Item View Item