Pengembangan media Fishbone Diagram pada pembelajaran Bahasa Indonesia Materi 5W + 1H bagi siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Banyuwangi

Al Azzah, Hadhila Asma (2024) Pengembangan media Fishbone Diagram pada pembelajaran Bahasa Indonesia Materi 5W + 1H bagi siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK - 024 - PGMI - 2024)
SKRIPSI_HADHILA_ASMA_AL_AZZAH_FIX 5 JUNI 2024 - watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemanfaatan media yang menarik dalam kegiatan pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kurang tertarik dalam kegiatan membaca dan memahami materi, adanya inovasi dan juga kreatifitas guru dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan, agar materi dapat tersampaikan kepada peserta didik. Dalam hal ini Pemilihan media yang tepat sangat dibutuhkan dalam mengoptimalkan hasil pembelajaran. Adanya bantuan media Fishbone Diagram bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi 5W+1H Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Banyuwangi.
Rumuskan masalah penelitian ini yakni: 1)Bagaimana Pengembangan media Fishbone Diagram pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi 5W + 1H bagi siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Banyuwangi? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media Fishbone Diagram pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi 5W + 1H bagi siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Banyuwangi? 3)Bagaimana efektifitas pengembangan media Fishbone Diagram pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi 5W + 1H bagi siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini yakni: Untuk mendeskripsikan, untuk mengetahui kelayakan dan untuk mengetahui efektifitas pengembangan media Fishbone Diagram pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi 5W + 1H bagi siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembagan atau yang sering dikenal dengan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pengembanagn ADDIE dengan instrument pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan lembar soal tes.
Hasil penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Proses pengembangan media Fishbone Diagram. 2) Media Fishbone Diagram layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena telah diuji oleh dua validator yaitu ahli media memperoleh prosentase 95%, sedangkan ahli pembelajaran memperoleh prosentase 92,5%, berdasarkan prosentase tersebut memperoleh rata-rata dengan prosentase 93,75%. Oleh karena itu media Fishbone Diagram layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Banyuwangi. 3) media Fishbone Diagram efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil prosentase nilai meningkat. Hasil belajar pada pretest memperoleh prosentase 60,8% dan posttest memperoleh prosentase 85,6% sehingga dalam data tersebut maka mengalami peningkatan yang mencapai 24,8% sehingga dikategorikan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hadhila Asma Al Azzah
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:18
Last Modified: 03 Jul 2024 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33101

Actions (login required)

View Item View Item